Penandatanganan PKS PUPR RI Dengan Kodam IX/Udayana, Pangdam: Negara Hadir Untuk Rakyat

0
Penandatanganan PKS PUPR RI Dengan Kodam IX/Udayana, Pangdam: Negara Hadir Untuk Rakyat

barbareto.com | Denpasar – Ketersediaan akan kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya di wilayah Provinsi NTT terus diupayakan oleh Kodam IX/Udayana melalui Program Pompa Hidram. Sebagai upaya manunggalnya TNI AD dalam mendukung program tersebut, Dirjen Sumber Daya Alam Kementerian PUPR RI berupaya menggandeng Kodam IX/Udayana melalui Satuan Kerja (Satker) Air Tanah dan Air Baku (ATAB) Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II.

Dalam penerapannya, Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penguatan Pembinaan Teritorial pada Kegiatan Penyediaan Air Baku di Provinsi NTT dilaksanakan langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., dengan Kepala Satker ATAB BWS NT II Bapak Nahason Hariandja, ST., MT., di Ruang Airlangga Makodam IX/Udayana, pada Selasa (22/6/2021).

Pada kesempatan tersebut, Pangdam dalam sambutannya mengungkapkan ucapan terima kasih kepada PUPR atas realisasi pelaksanaan Perjanjian Kerja Sama yang dilaksanakan pada hari ini, sehingga harapannya pekerjaan Pompa Hidram ini bisa segera diselesaikan sesuai standarisasi.

“Awalnya, kita ketahui bahwa keperluan air hanya ada di NTT, seiring berjalannya waktu untuk berdiskusi dengan banyak pihak ternyata di NTB bahkan di Bali pun juga masih ada daerah yang kesulitan untuk memperoleh air bersih. Ada 33 titik di Bali, 3 titik sudah kita selesaikan, 8 titik masih on progres,” ungkap Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam berharap agar Perjanjian Kerja Sama ini dapat dijadikan sebagai langkah awal suatu pekerjaan dalam mendukung program pemerintah sehingga dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya dengan slogan ‘Negara Hadir Untuk Rakyat’.

Sementara itu Kasatker ATAB BWS NT II mengungkapkan bahwa dengan adanya program kegiatan Pompa Hidram ini merupakan bentuk kerja sama yang telah terjalin selama ini antara PUPR dengan TNI sehingga dapat berjalan bersama-sama untuk membantu kesulitan rakyat.

“Dengan jumlah titik yang telah ditentukan, kami berharap seluruhnya dapat diselesaikan dengan waktu yang tersisa ini. Kami percaya dan yakin kepada Kodam IX/Udayana adalah yang is the best,” ucap Kasatker ATAB BWS NT II diiringi tepuk tangan audiens.

Melalui virtual, Kepala Subdirektorat Wilayah II Direktorat ATAB Kementerian PUPR pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa bentuk kerjasama ini sudah dilakukan di beberapa tempat. Dengan adanya sistem Pompa Hidram, pihaknya kali ini melaksanakan bentuk kerjasama sehingga dapat menyediakan air baku bagi masyarakat di NTT.

Hadir juga pada acara tersebut antara lain Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Kabalakdam IX/Udayana, serta diikuti juga secara virtual oleh Danrem 162/WB dan Danrem 161/WS beserta jajaran di tempat masing-masing. (anas)

Exit mobile version