Prof Gde Antara Calon Kuat Rektor Universitas Udayana Periode 2021-2025

0

Badung-Bali. BARBARETO – Nama Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., yang ikut dalam tahap penyaringan Calon Rektor di Universitas Udayana unggul telak dari Bakal Calon lainnya, bagai sinyal khususnya di Universitas Udayana sendiri, jika melihat kebelakang.

Unggulnya pria yang biasa di sapa Prof Antara dalam penyaringan Calon Rektor Universitas Udayana (Unud) Bali. Prof Gde Antara mendapatkan perolahan suara tertinggi yakni, 59 suara dari 79 anggota senat pemilik sah suara. Dengan demikian, 80 persen suara sudah dikantongi oleh Prof Gde Antara.

Proses panjang pemilihan Rektor Unud Periode 2021-2025, kini sudah memasuki rangkaian proses penyaringan mendekati akhir proses, yang melalui sidang tertutup Senat Universitas Udayana (Unud), yang bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, pada Senin (26/4/2021). Dalam rapat Senat tersebut dibuka langsung oleh Ketua Senat Unud Prof. Dewa Ngurah Suprapta, Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi serta Para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Pimpinan Fakultas dan Pascasarjana hadir selaku anggota Senat Universitas Udayana (Unud).

Dari awal proses yang berjalan, pihak panitia sebelumnya telah dilaksanakan penjaringan Bakal Calon Rektor periode 2021 – 2025 ini. Diperebutkan oleh sebanyak lima Bakal Calon yang telah ditetapkan dan sudah melaksanakan sosialisasi Visi Misi kepada Civitas Akademika Universitas Udayana. Kelima Bakal Calon Rektor ini pada proses penyaringan kemudian  disaring dan ditetapkan menjadi tiga Calon Rektor. 

Kelima Bakal Calon Rektor yang mengikuti proses penyaringan sesuai dengan nomor urut yakni  (1) Dr. dr. Bagus Komang Satriyasa, M.Repro dari Fakultas Kedokteran, (2) Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, M.Si dari Fakultas Kedokteran Hewan, (3) Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian, (4) Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dari Fakultas Teknik, dan (5) Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran. 

Di dalam proses penyaringan tersebut, terdapat 79 anggota senat yang memiliki hak suara. Pada proses penyaringan ini anggota Senat memberikan hak suara atau voting dengan melakukan pencoblosan kertas suara, yang sesuai dengan calon yang dipilih oleh masing – masing anggota senat.. Tetapi sebelumnya pemungutan suara masing-masing Bakal Calon Rektor ini diberikan kesempatan untuk memaparkan Visi serta Misi mereka dan Program Kerja kepada para anggota Senat yang lengkap hadir.

Dalam acara tersebut, Ketua Senat Prof. Dewa Ngurah Suprapta menyampaikan bahwa, sesuai ketentuan untuk proses penyaringan minimal dihadiri oleh 75 persen dari seluruh anggota Senat. Melihat jumlah Senat yang hadir adalah semuanya, sehingga rapat dinyatakan kuorum.

Acara penyaringan Calon Rektor Unud ini terdiri dari penjelasan teknis dari pihak panitia, pemaparan Visi dan Misi, pemungutan suara, penandatanganan berita acara dan pengundian nomor urut yang di lakukan secara terbuka dan transfaran.
Pada proses penjaringan terdapat lima bakal calon, kemudian dalam proses penyaringan disaring dari lima menjadi tiga, dimana para anggota Senat memberikan suara untuk memilih tiga besar. Hasil proses penyaringan beserta berkas kelengkapannya ini akan disampaikan kepada Menteri.

Pada proses penyaringan, perolehan suara bakal calon nomor urut (4) yakni Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., memperoleh terbanyak yakni 59 suara mengungguli, bakal calon nomor urut  (5) Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dengan 20 suara dan bakal calon nomor urut (3) dengan suara nol. Karena terdapat tiga bakal calon yang memperoleh suara nol sehingga dilakukan pemilihan ulang untuk tiga bakal calon dan yang memperoleh suara tertinggi adalah nomor urut (3).

Setelah proses penjaringan ini, ditetapkan tiga Calon Rektor Unud berdasarkan perolehan suara tertinggi yakni Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng, Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dan Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP.

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut, Calon Rektor Nomor Urut (1) Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran, Calon Rektor Nomor Urut (2) Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng dari Fakultas Teknik dan Calon Rektor Nomor Urut (3) Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian.

Pengumuman untuk final pemilihan Rektor Unud, akan digelar pada tanggal 6 Juli 2021 mendatang, yang mana untuk pemilihan akan dilakukan oleh Senat bersama Menteri.  Untuk suara Menteri pada final pemilihan adalah sebesar 35 persen dari total suara. Adapun jumlah suara Menteri sekitar 43 jika semua anggota Senat hadir. (ans)

Exit mobile version