Batalyon C Pelopor Brimob NTB Amankan Aksi Blokir Jalan Lintas Sumbawa Bima

Aksi Blokir Jalan Lintas Sumbawa Bima

0
blokir jalan
Batalyon C Pelopor Brimob NTB Amankan Aksi Blokir Jalan Lintas Sumbawa Bima. (Humas Polda NTB)

Barbareto News – Satu Satuan Setingkat Kompi Personel Batalyon C Pelopor yang di pimpin AKP Sudirman, S.H., M.M., bersama Instansi terkait TNI, Jajaran Polres dan Polsek Kabupaten Bima mengamankan aksi pemblokiran jalan di depan SDN 3 Sila, Jalan Lintas Sumbawa – Bima Desa Rasabou, Kec. Bolo Kab. Bima. Rabu (25/10/2023.

Aksi pemblokiran jalan tersebut di lakukan oleh ratusan warga yang tergabung dalam Masyarakat Pencari Keadilan (MPK) yang di pimpin oleh Hikmah, S.Pd., pada pukul 09.56 Wita.

Aksi tersebut mengakibatkan arus lalulintas Jalan Lintas Sumbawa – Bima lumpuh total. Dan menyebabkan kemacetan panjang di wilayah Kecamatan Bolo.

Aksi Pemblokiran jalan adalah bentuk kekecawaan warga, atas adanya dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh oknum Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Bima dan oknum Pemerintah Desa Rasabou pada program Konsolidasi Tanah pada tahun 2009 yang tidak menemukan jalan keluar sampai saat ini.

Hikmah, S.Pd., selaku pimpinan aksi menduga pihak BPN Kab. Bima tidak serius menangani permasalahan Konsolidasi tanah yang sudah berjalan 14 tahun.

Aksi Blokir Jalan

Wakil Komandan batalyon C Pelopor, AKP Sudirman, S.H., M.M., mengatakan. Selain melakukan pengamanan, sejak awal pihaknya sudah memberikan imbauan dan negosiasi kepada masa aksi agar tidak melakukan pemblokiran jalan. Karena dapat mengganggu aktivitas masyarakat khususnya pengguna jalan dengan beragam keperluannya yang mendesak.

“Sejak awal, upaya pengamanan sudah dilakukan sesuai SOP dan imbauan-imbauan juga tetap diberikan agar aksi unjuk rasa dengan damai. Tetapi masa aksi tidak mengindahkan. Dan akhirnya kami mengambil tindakan tegas dan terukur dengan membuka paksa akses Jalan yang di blokir,” ucap Sudirman.

Dansat Brimob Polda Nusa Tenggara Barat, Kombes Pol. Komaruz Zaman, S.I.K., M.H., saat kami konfirmamsi Via Whatsapp mengatakan. Anggotanya mengutamakan pengamanan secara humanis, tegas dan terukur sesuai SOP dan Hukum yang Berlaku.

“Kami akan mengedepankan upaya-upaya yang lebih preventif dan humanis disetiap tugas pengamanan yang kita lakukan,” kata Komaruz.

Pada Pukul 15.30 Wita, usai mendengar imbauan dari Pihak Kepolisian, massa aksi membubarkan diri dengan tertib. Dan situasi keamanan di lokasi unjuk rasa terlihat kondusif serta arus lalulintas kembali normal dan lancar.

Seusai pembubaran, Hikmah, S.Pd., selaku pimpinan aksi mengatakan kalau tuntutan mereka tidak menemui titik terang maka aksi pemblokiran jalan ini tetap berlanjut dan jumlah masa aksi akan bertambah.

Exit mobile version