Beranda Berita Terbaru Ekonomi dan Bisnis

Perkuat Ekonomi, DPRD dan Dinas Koperasi Lotim Kukuhkan Pengurus Koperasi Berkah Jaya

0

barbareto.com | Lombok Timur – Koperasi dapat menjadi tulang punggung ekonomi nasional bila dikelola secara profesional, modern dan terus melakukan inovasi. Capaian kinerja Koperasi Jasa yang terus mengalami pertumbuhan merupakan contoh model Koperasi yang dikelola secara profesional, mampu menerapkan manajamen modern, inovatif, dan berusaha memasuki era baru di era digital.

Hal itu, mengemuka pada saat diskusi dan pengukuhan pengurus Koperasi Berkah Jaya Sejahtera Sabtu (7/8/21). Di tengah kebun pepaya dan jeruk Dusun Benteng Selatan Desa Lendang Nangka Utara Kecamatan Masbagik.

“Gambaran Koperasi menurut ungkapan sederhana sangat pas dikatakan dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa Koperasi dihidupkan dari iuran anggota, pengelolaan dihidupkan oleh anggota, dan pada akhirnya akan menghidupkan anggotanya. Dalam istilah politik kita kenal dengan sebutan demokrasi,” hal ini disampaikan oleh Bapak Badi, S.E., Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Timur.

Hadir dalam acara tersebut yaitu Bapak Haji Lalu Hasan Rahman anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur, Bapak Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Timur, Bapak Tanwir anggota DPRD Lombok Timur, Kepala Desa Lendang Nangka Utara, Kepala Desa Kotaraja, tokoh agama, tokoh masyarakat 4 desa dan anggota Koperasi Berkah Jaya Sejahtera.

Sebelum dilakukan pengukuhan pengurus Koperasi oleh Dinas, dilakukan diskusi terkait dengan penguatan ekonomi masyarakat di masa pandemi dan bagaimana strategi dalam penguatan ekonomi daerah khususnya Lombok Timur.

Haji Lalu Hasan Rahman mengatakan, pengelolaan usaha koperasi berdasarkan potensi wilayah menjadi hal yang sangat penting. Sebagai contoh, Desa Lendang Nangka Utara ini merupakan pusat pertanian dan perkebunan, berbeda dengan Masbagik Selatan dan Masbagik Utara sebagai pusat pengelolaan jasa. Untuk itu usaha Koperasi harus berdasarkan potensi setempat.

“Sebagai pengurus Koperasi harus mampu melihat potensi setempat untuk dijadikan sebagai modal usaha dalam Koperasi,” ungkap Hasan Rahman.

Hasan Rahman merupakan salah satu unsur Ketua Komisi DPRD Lombok Timur ini juga mengatakan bahwa, ekonomi Lombok Timur masih mampu bertahan karena didukung oleh Pertanian secara umum. Berbeda dengan Kabupaten lain yang menggantungkan ekonominya dari sektor jasa dan pariwisata.

“PDRB tertinggi Lombok Timur dari sektor Pertanian, ini yang menyebabkan pertumbuhan ekonomi daerah kita agak sedikit baik dari Kabupaten lain,” ungkap Hasan Rahman.

Dengan demikian dalam proses dan kelangsungannya, Koperasi merupakan organisasi yang membutuhkan banyak peran masyarakat. Seperti dalam pengertiannya, Koperasi adalah organisasi demokrasi ekonomi, mandiri dan berotonomi. Setiap anggotanya bahu membahu membantu, berbagi, berpendapat, dan berdiskusi. Mulai dari mendiskusikan organisasi, manajerial, pemasaran, dan membangun usaha anggotanya.

Acara siang itu diakhiri dengan pengukuhan Dewan Pengawas dan Pengurus Koperasi Berkah Jaya Sejahtera oleh Bapak Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lombok Timur.

Exit mobile version