Beranda Berita Terbaru

Teruna Dedara STIKes Hamzar Gelar Talkshow Kesehatan

0
Foto: Talkshow Kesehatan STIKes Hamzar

BARBARETO.com – Lombok Timur. Teruna Dedara STIKes Hamzar Lombok Timur menggelar talkshow kesehatan bertema “Peran Kontributif Mahasiswa Kesehatan Sebagai Agent of change dalam Isu Kesehatan Terkini”. Sabtu 10 Desember 2022.

Talkshow tersebut membahas tentang isu Stunting, Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia.

Dimana isu Stunting, AKI dan AKB ini menjadi salah satu isu terkini di bidang kesehatan.

Angka Stunting di NTB menempati posisi ke-7 terendah di Indonesia (Riskesdas, 2018).

Per Desember 2018 jumlah rata-rata kasus stunting di NTB kurang lebih mencapai 37,2 persen atau kurang lebih sekitar 150.000 anak.

Kabupaten Lombok Timur berhasil memperbaiki posisi dari peringkat ke-9 menjadi peringkat 6 dari 10 Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Barat untuk prevalensi gagal tumbuh (stunting).

Saat ini (hingga pekan ke-2 September) prevalensi stunting Lombok Timur berada di angka 17,63 persen (Sumber: Kominfo Lombok Timur).

Kegiatan talkshow yang diikuti oleh sekitar 80 peserta, dihadiri juga oleh Ketua STIKes Hamzar, Wakil Ketua III STIKes Hamzar, BEM STIKes Hamzar, Himpunan Mahasiswa Kebidanan, Himpunan Mahasiswa Keperawatan.

Hadir sebagai narasumber AKI dan AKB, Nurannisa FA, S.Tr.Keb., M.K.M., dan narasumber tentang Stunting, Ns. Apriani Susmita Sari, S.Kep., M.Kep.

Dalam sambutannya, Ketua STIKes Hamzar, Drs. H. Muh. Nagib, M.Kes., mengatakan mendukung kegiatan talkshow kesehatan.

Teruna Dedara STIKes Hamzar
Foto: Sambutan Ketua STIKes Hamzar, Drs. H. Muh. Nagib, M.Kes.

Ketua STIKes Hamzar juga menggugah semangat peserta talksho dengan yel-yel Teruna Dedara STIKes Hamzar, dan di ikuti oleh peserta.

Dedara STIKes Hamzar, Raudatul Jannah mengatakan kegiatan ini bertujuan menambah rasa kritis (critical thinking) mahasiswa/mahasiswi STIKes Hamzar dalam isu kesehatan terkini.

Lalu Herwandi Wiladarma, Teruna STIKes Hamzar mengharapkan setelah kegiatan ini di laksanakan diharapkan mahasiswa/i STIKes Hamzar mampu membawa perubahan terutama di tempat masing-masing.

Teruna STIKes Hamzar tersebut mengungkapkan bahwa mahasiswa kesehatan harus mampu menggunakan skill-skill yang di milikinya dalam mengatasi Isu-isu kesehatan terkini, agar membawa perubahan terhadap masyarakat, Agama, Nusa dan Bangsa.

Teruna Dedara STIKes Hamzar berharap, kegiatan ini akan ada sesi 2 dengan pembahasan isu yang beberda.

Dan diharapkan terus berlangsung untuk kepengurusan Teruna Dedara selanjutnya.

Dan diharapkan mampu menambah kegiatan-kegiatan positif kedepannya.

Kegiatan Ini Juga di ramaikan dengan tari tradisional dan Pantomim dari Alumni Sekolah Luar Biasa (SLB) Selong, sehingga menambah meriahnya Acara.

Baca berita lainnya di Google News

Exit mobile version