26.8 C
Lombok
Sabtu, September 21, 2024

Buy now

Mahasiswa KKN Tematik Unram Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Bolu dan Susu Berbahan Jagung

BARBARETO.com – Sebagai implementasi dari proses akademik, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Unram 2023 Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur mengusung misi dan tugas dari Universitas salah satunya Desa Sehat.

KKN sendiri merupakan intisari dari puncak proses berakademik didunia kampus bersentuhan langsung dengan masyarakat termasuk kebiasaan masyarakat yang ada.

Berangkat dari hal tersebut KKN tersebut mengangkat judul peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pola hidup bersih dan sehat berbasis peduli lingkungan di desa pemongkong

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu tanggal 21 Januari Tahun 2023.

Mahasiswa KKN Tematik Unram telah berhasil melaksanakan Program Utama yaitu, “Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Makanan Bergizi Untuk Balita/Batita Berbasis Pangan Lokal” di Kantor Desa Pemongkong.

Yang dimana dalam acara ini telah dihadiri oleh masyarakat setempat termasuk Ibu-Ibu Ketua dan anggota kader posyandu dari setiap Dusun di Desa Pemongkong.

Pada bagian materi kegiatan dijelaskan oleh Baiq Mutiara Astagina yang menempuh pendidikan diprogram Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi pangan dan Agroindustri Universitas Mataram.

“Pelatihan pembuatan makanan bergizi dari pangan lokal memang sangat bermanfaat untuk ibu-ibu kader kami yang di bawah, biasanya kan beli dia. Dengan adanya pelatihan ini maka dengan sendirinya dia bisa membuat bantuan PMT untuk bayi balita/batita yang bergizi dan bisa diolah bersama dan mudah-mudahan ibu-ibu kader bisa mempraktekannya langsung,” ujar Pak Rustam (Kasi Kesejahteraan Sosial Desa Pemongkong)

Pada acara sosialisasi dan pelatihan ini tingkat antusiasme dan partisipasi masyarakat Desa Pemongkong sangat tinggi, terlihat jelas dari setiap tahap persiapan acara seperti kunjungan dan pemaparan gambaran awal pada kader posyandu, penyampaian materi hingga pelatihan, masyarakat atau para tamu undangan antusias untuk mendengarkan materi dengan seksama dan ikut serta dalam praktik pembuatan Bolu dari jagung itu sendiri.

Sedangkan pada praktek atau pelatihan pembuatan Bolu Jagung dan susu jagung, para tamu undangan juga ikut serta terjun dalam proses yakni emulsifer menggunakan mixer hingga sesi penuangan adonan ke dalam loyang persegi.

Tidak hanya sampai itu, agar semua mendapatkan dan mecicipi produk yang dibuat, mahasiswa KKN menyediakan juga bolu dan susu dari jagung yang siap untuk disantap dan bisa dibawa pulang.

Pandangan dan Harapan bapak muhamad Ali Imran (Staf Perangkat dan Koordinator Posyandu) “Peningkatan kapasitas kader terutama untuk pembuatan makanan bergizi baik ibu hamil, balita/batita dan stunting, kami mengucapkan terimakasi atas support dan informasi terkait olahan makan yang bisa diangkat menjadi PMT sehingga masyarakat tahu bahwa makanan lokal bisa diolah menjadi makanan yang bergizi dan bermanfaat”.

Follow kami di Google News

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi

Related Articles

Stay Connected

2,593FansSuka
344PengikutMengikuti
112PengikutMengikuti
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles