Dikbud Lotim Fokus Peningkatan Serta Pemerataan Mutu Pendidikan

0
183
Dikbud Lotim Fokus Peningkatan Serta Pemerataan Mutu Pendidikan
Foto : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur, Izzuddin.

barbareto.com | Peningkatan serta pemerataan mutu pendidikan tentunya tidak berjalan maksimal apabila tidak terjadi harmonisasi seluruh elemen pada satuan pendidikan.

Hal inilah yang kemudian menjadi fokus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) supaya dapat bergerak bersama.

“Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita menjaga harmonisasi Kepala Sekolah, UPTD, Pengawas, Tim penjaminan mutu,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lotim, Izzuddin, Selasa (26/04/2022).

Besaran Jumlah Biaya Operasional Sekolah (BOS), Lanjut Izzuddin, bukan merupakan sebuah hambatan berarti dari peningkatan mutu Sekolah, apabila Sumber Daya Manusia (SDM) Satuan Pendidikan sudah memiliki kompetensi yang mumpuni.

“Besaran dana BOS bukan menjadi hambatan Sekolah tidak berkualitas,” paparnya.

Baca juga : Mampukah Kadis Dikbud Yang Baru Menjawab Tantangan Bupati

Masih kata Izuddin, Sumber Daya Manusia (SDM) juga berperan penting dalam menjamin peningkatan mutu pendidikan di Lombok Timur, sehingga saat ini pihaknya sedang meng-upgrade SDM guru dengan melakukan Diklat Merdeka Belajar yang sudah dimulai beberapa waktu yang lalu dengan menggandeng Perguruan tinggi.

“Ini kemudian yang menjadi garda terdepan peningkatan mutu pendidikan, yakni SDM Guru pada setiap satuan Pendidikan,” bebernya.

Lebih jauh dijelaskan Izzuddin, pendidikan di Indonesia dalam dua tahun terakhir mengalami masa krisis, sehingga berdampak terhadap kualitas lulusan, dengan demikian dirinya berharap momentum sekarang dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Ini adalah langkah awal mengembalikan momentum pendidikan,” pungkasnya.