20.7 C
Lombok
Minggu, September 22, 2024

Buy now

Perpres 104, Tantangan Kades Kabar Jalankan Visi Misi

barbareto.com | Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 banyak membuat Kepala Desa (Kades) galau, mengingat Perpres tersebut mengamanahkan pemerintah desa mengalokasikan 40 persen untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), 20 persen untuk penguatan sandang pangan dan hewani serta 8 persen untuk penanganan Covid-19.

Kendati demikian, Pemerintah Desa (Pemdes) Kabar akan berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan maupun pemberdayaan kepada masyarakat, terlepas dari besaran anggaran, hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Kabar Kecamatan Sakra.

“Yang jelas pos anggaran sudah ditentukan Pusat, sisanya akan kami maksimalkan untuk kepentingan masyarakat,” ungkap Marzoan Minggu (27/02/2022).

Lanjut Marzoan, setelah dilakukan koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), pengerjaan fisik menggunakan DD tahun 2022 boleh dilaksanakan, akan tetapi terfokus pada bidang pertanian, sehingga Pemerintah Desa Kabar memungkinkan untuk membangun jalan usaha tani.

“Pengalokasian 20 persen tersebut bisa digunakan untuk membangun irigasi maupun jalan usaha tani,” jelasnya.

Baca juga : Pemdes Rumbuk Bersama Yayasan Dewisnu Gelar Sosialisasi Desa Wisata

Masih kata Marzoan, Visi misi yang sudah digagas tentunya akan tetap di prioritaskan dengan sisa anggaran yang sudah dialokasikan, terutama keseriusan Pemdes pada penanganan sampah dengan menambah armada pengangkut sampah, di samping memanfaatkan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) Reuse, Reduce, Recycle (3R) yang dimiliki Desa Kabar untuk mengolah sampah menjadi pupuk kompos dan pupuk organik yang diyakini dapat meningkatkan pendapatan Desa.

“Visi Misi yang sudah kami gagas tentunya akan diupayakan juga tahun ini, terutama masalah penanganan sampah,” paparnya.

Lebih lanjut Marzoan menjelaskan pemberdayaan pemuda juga terus dilakukan dengan pendekatan persuasif, dengan harapan Pemuda dapat berkontribusi terhadap pembangunan.

Fasilitas olahraga yang ada akan dibenahi kembali, hal tersebut diyakini sebagai langkah untuk menjalankan program besar pemuda pada tahun-tahun mendatang.

“Pemberdayaan pemuda juga tidak luput dari perhatian kami,” tutupnya.

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi

Related Articles

Stay Connected

2,593FansSuka
344PengikutMengikuti
112PengikutMengikuti
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles