Selasa, April 23, 2024

APS Lotim Gelar Pelatihan Profesional Hair Colouring, Sekda Beri Apresiasi

barbareto.com | Lombok Timur – Asosiasi Pengusaha Salon (APS) Kabupaten Timur (Lotim) hari ini Kamis 2 September 2021, menggelar kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan mutu dan skil bagi anggota APS Lotim melalui seminar profesional hair coloring.

Kegiatan pelatihan yang berlokasi di Balai Latihan Kerja Internasional (BLKI) Kecamatan Lenek, Lotim itu didukung penuh oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim, Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Lotim dan Bank NTB Syariah Cabang Pahlawan Selong.

Acara pembukaan pelatihan turut dihadiri oleh pejabat dan pimpinan lembaga keuangan, seperti Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taofik, Pimpinan Cabang Bank NTB Syariah Cabang Pahlawan Selong Lalu Samsul Hadi, Ketua Asosiasi Pengusaha Salon Lombok Timur Istiqomah Samsul, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lombok Timur Izzuddin, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Lotim Saifuddin Zuhri, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Lotim Saiful Wathan dan Kepala BLKI Lotim Sabar.

Ketua APS Lotim, Istiqomah Samsul mengatakan pelatihan kali ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota APS ketika melaksanakan tugasnya. Total ada 100 anggota APS yang mengikuti pelatihan, karena jumlah peserta pelatihan terbatas akibat masih mewabahnya pandemi Covid-19.

Ia menceritakan, ketika APS dulunya dikukuhkan pada tanggal 27 Desember 2020, diniatkan sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi anggota APS. Karena anggota APS banyak yang berprofesi sebagai tata rias pengantin, yang notabenenya termasuk dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Istiqomah juga mengakui, saat ini ada 800 orang anggota APS dan pihaknya telah merangkul semua rekan-rekan seprofesinya yang berada di Desa-desa. Tak hanya dari kalangan pengusahan salon saja, namun Ia juga banyak merangkul pengusaha dekorasi, tata rias, terop pelaminan dan yang lainnya.

APS Lotim Gelar Pelatihan Profesional Hair Colouring, Sekda Beri Apresiasi

“Kami tidak akan tumbuh tanpa adanya dukungan dari Pemda Lotim. Rangkulah kami dan bina kami, karena kami adalah wadah yang bagus untuk mengembangkan potensi dari rekan-rekan pengusaha, khususnya yang ada dibidang usaha salon,” ucap Istiqomah ketika memberikan sambutan. (2/9/21)

Ke depan, Dia berharap APS bisa menjalin kolaborasi yang baik dengan pemerintah Lotim dan lembaga keuangan seperti Bank NTB Syariah. Mengingat, peran UMKM pada masa pandemi sangat dibutuhkan untuk menopang perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lotim H. M. Juaini Taofik mengapresiasi pelatihan yang digelar oleh APS Lotim. Karena hal itu dihajatkan untuk membangun potensi yang dimiliki oleh pengusaha salon.

Selain itu, Ia juga bangga karena APS Lotim menjadi wadah yang akan memberikan dampak positif bagi anggotanya. Sebab dengan adanya komunitas atau perkumpulan itu, maka akan memberikan jalan yang lebih cepat ketika anggota menyampaikan aspirasinya.

Terlebih lagi, kata Sekda yang karib disapa Kak Ofik itu, APS juga secara tidak langsung berpesan agar menjadi komunitas yang perperan aktif menjaga kohormatan perempuan, dalam rangka mensejahterakan khususnya bagi anggota dan umumnya bagi seluruh masyarakat.

“Kita sedang bekerja keras bagaimana ketahanan masyarakat ketika menghadapi pandemi ini supaya kuat. Apa yang dilakukan saat ini sangat luar biasa, tentu untuk mengasah skil kita agar semakin kompeten,” pesan Kak Ofik pada saat memberikan sambutan.

Tujuan dari suatu organisasi tentunya agar menjadi mandiri, namun kemandirian itu dapat diraih jika sebuah organisasi mendapatkan fasilitas. Maka dari itulah, Kak Ofik mengingatkan agar APS mampu menjadi wadah yang menebar manfaat bagi banyak orang, bukan hanya bagi segelintir individu.

“Manakala APS sudah mandiri, pasti memberikan dampak positif, bukan hanya bagi anggota namun bagi banyak masyarkat,” ketusnya.

Oleh sebab itulah, Ia berharap APS bisa memberikan dampak yang positif bagi semua masyarakat, khususnya yang ada di Lotim ini. Serta ke depannya, Ia berjanji akan menjali kerjasama yang baik dengan APS, untuk saling menguatkan dalam membangun perekonomian daerah.

Disisi lain, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lotim Izuddin, yang juga menghadiri acara tersebut mengaku perlu adanya kegiatan seperti yang diadakan oleh APS Lotim. Karena sebagaimana yang diketahui, dalam misi ke 4 Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tertera bagaimana cara mengembangkan potensi generasi muda yang ada di Lotim.

“Kami hadirkan pemuda itu supaya lebih produktif, kemudian apa yang menjadi kemampuan pemuda itu nantinya harus sesuai dengan apa yang dibangun,” ujar Izuddin.

Dia berharap ke depan, APS bisa bekerjsama dengan Dispora Lotim dalam rangka mengembangkan potensi pemuda-pemudi yang ada di Lotim, khususnya yang menjadi anggota APS.

Ditempat yang sama, Pimpinan Cabang (Pimca) Bank NTB Syariah Cabang Pahlawan Selong, Lalu Samsul Hadi mengakui, sektor usaha salon sangat terdampak akibat dari pandemi Covid-19. Maka dari itulah, Ia berharap pandemi ini segara berakhir untuk menyelamatkan perekonomian masyarakat.

Pria yang akrab disapa Miq Samsul itu menawari kerjasama dengan APS ke depannya, yaitu nantinya APS akan dibuatkan kartu komunitas, yang di mana kartu itu bisa digunakan untuk melakukan transaksi di bank manapun, tidak hanya di Bank NTB Syariah.

“Kami berharap semoga ke depannya kita lebih bisa berkolaborasi dengan APS ini, dan semoga bisa membuat anggota semakin lebih maju dengan apa yang diikhtiarkan hari ini,” harap Miq Samsul. (gok)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments