Bupati Suwirta Optimalisasikan Pendapatan Kolam Pancing

Bupati Suwirta Optimalisasikan Pendapatan Kolam Pancing

BARBARETO.com | Berbagai upaya terus dilakukan Pemkab Klungkung untuk menata perkembangan usaha kuliner kolam pancing.

Hal tersebut terlihat ketika Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta pimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Optimalisasi Pendapatan Kolam Pancing Usaha Kuliner Koperasi Gema Nadi Lestari di ruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Kamis (4/8).

Selain digunakan untuk lomba memancing, unit usaha kuliner ini juga difungsikan sebagai media edukasi bagi anak-anak tentang budidaya ikan dan pertanian hidroponik.

Pada kesempatan itu, Bupati Suwirta mengatakan dalam menata kolam pancing perlengkapan semua fasilitas yang belum terisi agar segera dipenuhi.

Bupati juga menugaskan dinas terkait agar segera menambah tenaga cleaning servis untuk menata taman.

“Semua fasilitas yang belum terisi agar segera dipenuhi, sehingga nantinya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjung,” pinta Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga berharap agar kebersihan juga dijaga dengan sebaik-baiknya. Siapkan juga kolam yang khusus untuk menjual bibit ikan.

Pihaknya juga meminta agar petugas bisa bekerja dengan bagus dan belajar menganalisa keuangan dengan baik agar nantinya Koperasi Gema Nadi Lestari ini terus berjalan maksimal. Kemudian penjualan produk lokal seperti garam kusamba harus juga dimanfaatkan.

“Mari bersama-sama jaga semangat yang tinggi, koordinasi harus dilakukan dengan baik agar nantinya usaha kuliner ini terus berkembang dan pendapatannya meningkat,” harap Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klungkung, Dewa Suweta Negara mengatakan setelah dilaunching unit usaha kuliner kolam pancing Gema Nadi Lestari pada Bulan Mei 2022 lalu total keseluruhan pendapatan hingga saat ini sudah mencapai Rp. 65 juta.

Total pendapatan tersebut masing-masing dari Bulan Mei sebesar Rp. 12 juta, Bulan Juni sebesar Rp. 28 juta dan Bulan Juli sebesar Rp. 25 juta. Sementara pendapatan setiap harinya rata-rata mencapai Rp. 500 ribu.

“Mudah-mudahan kedepannya usaha kuliner kolam pancing ini terus meningkat,” harapnya.

Turut hadir, Ketua Koperasi Gema Nadi Lestari Luh Ketut Ari Citrawati, Pelaku Usaha Kolam Pancing Yudhi Pasek Kusuma serta instansi terkait lainnya. (tra)