Jangan Paksakan Diri Masuk Sekolah di Luar Zonasi

Jangan Paksakan Diri Masuk Sekolah di Luar Zonasi

BARBARETO.com | Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang pendidikan SMA di Lombok Timur (Lotim) melalui jalur prestasi maupun afirmasi berjalan dengan baik.

Meskipun kuota jalur prestasi hanya 5 persen, terdapat beberapa Sekolah yang menerima lebih dari kuota yang ditetapkan, bahkan Sekolah yang dulunya sepi peminat jalur prestasi, kini dapat memenuhi kuota yang ada.

Hal tersebut diungkapkan H. Mashun, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur ketika dikonfirmasi pada Rabu (06/07/2022).

“Alhamdulillah, PPDB jalur prestasi maupun afirmasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” jelas H. Mashun.

Sementara itu terkait jalur zonasi, sejak Senin (4/07/22) kemarin sudah dibuka, dengan memperhatikan jumlah siswa yang memang betul-betul berada pada wilayah tersebut melalui Kartu Keluarga (KK) orang tua calon siswa, sehingga setiap tiga (3) hari dilakukan update data masing-masing Sekolah.

“Jalur zonasi sejak Senin kemarin sudah dibuka, setiap tiga (3) hari di update,” paparnya.

Lanjut Mashun, beberapa orang tua belakangan ini mendatangi Kantor Cabang Dikbud, lantaran kebingungan mengisi laman online, karena itu pihak Dikbud mengarahkan orang tua peserta PPDB untuk konsultasi langsung ke masing-masing Sekolah, karena di setiap Sekolah sudah disediakan masing-masing operator.

“Kendala yang ada adalah pengisian lewat online, untuk itu kami arahkan orang tua yang memang memiliki kendala untuk langsung ke sasing-masing Sekolah,” imbuhnya.

H. Mashun berpesan kepada siswa maupun murid agar jangan memaksakan diri masuk sekolah diluar zonasi, karena dengan sendirinya sistem akan mengeluarkannya, apabila tidak masuk sesuai zonasi, siap-siap masuk sekolah swasta.

“Untuk siswa maupun murid jangan paksakan diri masuk Sekolah yang berada pada luar zonasi, karena dapat merugikan diri sendiri,” pungkasnya.