MTQ XXIX NTB Resmi Ditutup, Lobar Juara 4

MTQ XXIX NTB Resmi Ditutup, Lobar Juara 4

BARBARETO.com | MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB yang dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur selama sepekan sejak tanggal 29 Juni hingga 6 Juli 2022 resmi ditutup.

Acara penutupan MTQ ini dilaksanakan Rabu malam, 6 Juli 2022 di Lapangan Gotong Royong Kecamatan Masbagek, Kabupaten Lombok Timur.

Acara penutupan dihadiri oleh Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalilah, Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy, Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Sekretaris Daerah NTB, H. L. Gita Aryadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTB, Asisten III Setda Lombok Barat, H. M. Ilham, serta sejumlah pejabat dari 10 Kabupaten/Kota se-NTB.

Dalam MTQ kali ini, Kafilah Lombok Barat berhasil meraih juara 1 di lima (5) cabang lomba, juara 2 di 7 (tujuh) cabang lomba dan juara 3 di 5 (lima) cabang Lomba.

Dengan perolehan tersebut Kabupaten Lombok Barat berhasil meraih total nilai 51 dan menempatkan Lombok Barat menjadi juara ke-4.

Ditemui saat acara Penutupan MTQ XXIX tingkat Provinsi NTB, Asisten III Setda Lobar, H. Ilham, M.Pd., mengatakan bahwa Kafilah Lombok Barat telah memberikan yang terbaik pada MTQ XXIX ini.

Hal ini terlihat dari raihan juara yang diperoleh kafilah Lombok Barat pada MTQ XXIX. Dimana kafilah Lombok Barat berhasil meriah juara 1 di 5 cabang Lomba, Juara 2 di 7 cabang Lomba dan juara 3 di 5 cabang Lomba yang akhirnya menempatkan Lombok Barat menjadi peringkat 4 untuk Kabupaten/Kota se-NTB.

Ia mengatakan ini adalah hasil perjuangan maksimal dari para kafilah Lombok Barat pada MTQ XXIX.

“Ini adalah perjuangan maksimal dari para kafilah sehingga kita berada di posisi tersebut. Hal ini tentu menjadi hasil terbaik dan cukup membanggakan bagi masyarakat Lombok Barat. Tentu hasil ini perlu kita tingkatkan di MTQ selanjutnya,” ujarnya.

Selain itu, H. Ilham juga mengatakan yang terpenting pada MTQ XXIX ini adalah bahwa kegiatan ini memberikan kita inspirasi untuk terus membumikan Al Qur’an dalam aktivitas kita sehari-hari.

Menurutnya banyak hikmah yang terkandung dalam Al Qur’an yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari.

Karenanya, ia mengajak semua pihak khususnya di Lombok Barat untuk terus membaca, menghayati dan mengamalkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Seperti yang disampaikan Bapak Bupati Lombok Barat beberapa waktu lalu, bahwa Al Qur’an adalah pedoman dalam kehidupan kita yang dapat menenangkan dan mendamaikan kita semua. Karenanya dengan semangat MTQ ini mari kita terus membumikan Al Qur’an dalam kehidupan kita,” ujarnya.

Mantan Inspektur Lombok Barat yang mencetuskan program gardu mente ini juga menambahkan bahwa prestasi yang diraih oleh Lombok Barat (Lobar) juga merupakan atas doa dan dukungan semua masyarakat Lombok Barat.

Selain itu, H. Ilham juga mengatakan bahwa ini juga atas dukungan dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan para asisten serta kepala OPD yang telah memberikan dukungan kepada semua kafilah.

Asisten menjelaskan bahwa semua kepala OPD setiap hari secara bergantian ditugaskan mengunjungi Kafilah Lombok Barat di Masbagik, Lombok Timur.

“Tentu ini semua karena kolaborasi dan dukungan semua pihak dan semua masyarakat Lombok Barat. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak dan kami juga berterima kasih dan bangga pada kafilah lobar baik peserta, pendamping dan official yang telah memberikan yang terbaik bagi Lombok Barat pada MTQ XXIX,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Lombok Timur, H. M Sukiman Azmy mengatakan bahwa MTQ XXIX memberikan kesan mendalam bagi para kafilah dari masing masing Kabupaten. Ia mengatakan bahwa satu pekan para kafilah telah memberikan yang terbaik saat tampil. Banyak kenangan baik suka maupun duka dari kafilah yang berlomba dalam MTQ XXIX ini. Hal ini tentu menjadi kenangan indah bagi kafilah dari masing-masing Kabupaten.

“Sebagai tuan rumah, Lombok Timur telah berusaha memberikan pelayanan terbaik tentu jika ada yang kurang berkenan kami mohon maaf,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukiman juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya selama ini. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menjadi tuan rumah yang baik dalam MTQ XXIX ini.

Sukiman juga menyampaikan terima kasih kepada para dewan juri yang telah memberikan penjurian terbaik dalam MTQ ini. Ia juga memberikan selamat kepada para juara. Dan ia berharap para juara dapat mewakili NTB bahkan Indonesia pada even Nasional bahkan Internasional.

“Yang terpenting adalah para kafilah dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu atau hikmah dalam Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Gubernur NTB, Hj. Siti Rohmi Djalilah menyampaikan selamat kepada Kabupaten Bima sebagai juara umum. Menurutnya pada MTQ XXIX semua kafilah telah memberikan yang terbaik dan luar biasa. Ia mengatakan bahwa semangat MTQ XXIX harus terus dijaga dalam kehidupan kita sehari-hari. Ia berharap agar energi positif dalam MTQ ini dapat menjadi berkah dan diterapkan dalam kehidupan kita. Hal ini karena ayat ayat Al -Qur’an memberikan kita inspirasi untuk lebih baik lagi dan menenangkan kita semua.

“MTQ XXIX di Lombok Timur ini luar biasa dan pesertanya juga luar biasa. semoga nilai-nilai Al Qur’an dapat menjadi pedoman dalam kehidupan kita semua,” ujarnya.

MTQ XXIX tingkat ProVinsi NTB menempatakan Kabupaten Bima sebagai Juara Umum, Lombok Tengah peringkat 2, Lombok Timur peringkat 3 dan Lombok Barat peringkat 4.

Dalam MTQ ini dilombakan sebanyak 8 cabang Lomba dan 23 Golongan. Dalam penutupan ini peserta yang meraih juara 1 hingga 3 pada masing masing cabang Lomba diberikan piala oleh Wakil Gubernur NTB, Bupati Lotim dan Kepala Daerah lainnya.

Selanjutnya, tuan rumah pada MTQ XXX tahun 2024 adalah Kabupaten Sumbawa Barat.