More
    BerandaLombok TimurLantik 183 Pengawas TPS, Ketua Panwascam Sakra Tegaskan Pentingnya Netralitas

    Lantik 183 Pengawas TPS, Ketua Panwascam Sakra Tegaskan Pentingnya Netralitas

    Lombok Timur, barbareto.com – 22 hari menjelang pemilihan umum ( Pemilu ) Sebanyak 183 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS ) Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur dilantik.

    Pelantikan tersebut disaksikan langsung Koordinator SDM Bawaslu Kabupaten, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sakra Senin (22/01/2024).

    Ketua Panwascam Sakra Satriawan menegaskan, pengawas TPS harus berintegritas. dengan mengedepankan pendekatan preventif hal tersebut diakui sebagai langkah menjamin pemilu yang berintegritas.

    “Tentu kami akan memberdayakan semua SDM yang sudah dilantik, namun yang perlu ditekankan adalah netralitas hal ini menjadi bagian terpenting kesuksesan pemilu,”tegasnya.

    Disatu sisi, Panwascam Sakra memberikan ultimatum terhadap semua anggota Pengawas TPS untuk tidak terafiliasi dengan calon maupun Partai tertentu, yang dimana tindakan tersebut dapat mencederai Eesensi pengawasan.

    “Ini yang terpenting, PTPS harus menghindari betul aktivitas yang berpotensi menguntungkan Caleg tertentu, harus memposisikan diri menjadi wasit sehingga harus netral,”bebernya.

    Masih kata Satriawan, sejak dilantik tugas dan tanggung jawab melekat terhadap Pengawas TPS, Artinya apa yang dilihat dan dengar harus dicatat kemudian dilaporkan kepada Pengawas Setempat.

    “Tanggung Jawab PTPS melekat usai dilantik, artinya sebisa mungkin setiap aktivitas maupun pergerakan caleg yang dinilai melanggar harus dilaporkan,”paprnya

    Lebih jauh pria yang karib disapa Miq awan itu mengingatkan kepada semua Pengawas Kecamatan Sakra untuk sama-sama mengawal proses demokrasi yang berlangsung dengan cermat dan bijak.

    “Perlu dicermati, Pengawas harus mampu memposisikan diri, hal ini semata-mata untuk kesuksesan dan Pemilu,”pungkasnya.

    Febriga
    Febrigahttps://barbareto.com
    Redaktur Pelaksana Barbareto.com

    Latest articles

    spot_img

    Related articles