LSM Garuda: Bupati Lotim Harus Mengevaluasi Bawahannya di UKPBJ

LSM Garuda: Bupati Lotim Harus Mengevaluasi Bawahannya di UKPBJ

barbareto.com | Banyaknya permasalahan dan polemik yang muncul dalam proses tender beberapa paket pekerjaan di Pemerintah Kabupaten Lombok Timur di bawah Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) beberapa bulan ini menuai sorotan dari aktivis dan pemerhati kebijakan.

Salah satunya yaitu dari LSM Garuda Indonesia.

Direktur LSM Garuda, M. Zaini menyayangkan masih kurang profesionalnya kinerja dari tim nya Bupati Sukiman yang berada di UKPBJ.

Jika ingin proyek-proyek yang ada di Lombok Timur bagus, maka proses tendernya juga harus profesional.

LSM Garuda selama ini melihat kinerja dari UKPBJ masih jalan sendiri sendiri dan terkesan kurang profesional.

Untuk itu, LSM Garuda meminta Bupati Sukiman untuk mengevaluasi bawahannya yang ada di UKPBJ bahkan jika perlu harus diganti.

“Bupati harus tegas dalam mengevaluasi bawahannya yang ada di UKPBJ, jika perlu harus diganti. Jangan hanya Cuma ngomel-ngomel saja pas di rapat namun lemah di tindakan,” ungkap M. Zaini, Direktur LSM Garuda di kantornya pada Jum’at (25/3/2022).

Direktur LSM Garuda, M. Zaini
Foto : Direktur LSM Garuda, M. Zaini

M. Zaini mencontohkan beberapa proses tender yang dilakukan oleh UKPBJ Lombok Timur yang menuai polemik di publik, superti pada akhir tahun 2021 yang lalu ada tender pengadaan sapi eksotik, dan yang terbaru ini yaitu pengadaan sarung di Dinas Sosial.

“Bahkan isu yang kami dengar terbaru yaitu carut marutnya pengadaan sembako. Ini baru proses tender-tender yang kecil nilainya, bagaimana jika tender-tender yang memiliki nilai cukup besar dan pantastis. Selain nilai, gesekan-gesekan juga pasti akan terjadi. Oleh karena itu UKPBJ harus benar-benar diisi oleh orang-orang yang tepat,” ujar Zaini.

Baca juga : Kabag UKPBJ Lotim: Percepat Proses Tender

M. Zaini merupakan aktivis yang selalu menyoroti beberapa kebijakan daerah yang kurang pro rakyat ini juga menegaskan bahwa, dirinya sebagai masyarakat sangat menyayangi Bupati Lotim, dan Zaini berharap jangan sampai kinerja Bupati yang baik tersebut, tercoreng oleh oknum-oknum bawahannya yang kurang profesional.

“Kami menyayangi Bupati Sukiman, dan jangan sampai kinerja Bupati Sukiman yang baik ini tercoreng oleh beberapa oknum bawahannya yang kurang profesional,” ungkapnya.

UKPBJ merupakan ujung tombak dari semua proses pengadaan proyek yang ada.

Untuk itu proses-proses yang ada didalamnya harus benar-benar bersih.

Proses yang bersih harus dihasilkan dari pekerja-pekerja yang profesional dan cerdas.

Karena ini akan menyangkut serapan anggaran dan bagaimana citra Lombok Timur di pemerintah pusat dan masyarakat.

“Melihat pentingnya kerja-kerja yang ada di UKPBJ, maka orang-orang yang mengisinya harus benar-benar orang yang tepat, ini semua demi Lombok Timur di mata Masyarakat dan Pemerintah Pusat,” ungkap Zaini.