Pemda Lotim Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan Bersama TNI

0
79
Pemda Lotim Komitmen Wujudkan Pemerataan Pembangunan Bersama TNI
Foto: Danrem 162/Wira Bhakti, Kolonel CZI Lalu Rudy Irham Srigede Bersama Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy.

BRBARETO.com | Pemerintah Kabupaten Lombok Timur berkomitmen mengupayakan terwujudnya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

Berbagai tantangan dan dinamika seperti populasi, luas wilayah, hingga keterbatasan anggaran harus dijawab dengan memaksimalkan potensi, membangun dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki, termasuk di kawasan selatan seperti Ekas Buana.

Desa Ekas Buana merupakan salah satu desa yang memiliki potensi ekonomi yang cukup besar dan sedang menunjukkan kehendak untuk semakin maju.

Di kawasan tersebut, seperti disampaikan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy, Pemerintah pusat telah menyiapakan dana tak kurang dari Rp. 750 milyar.

Dana tersebut dialokasikan untuk pengembangan budidaya lobster, kerapu, dan komoditas laut lain yang sesuai dan potensial.

Selain sebagai kawasan budidaya, wilayah ini diproyeksikan pula sebagai kawasan wisata bahari.

Mendukung langkah tersebut Pemda Lombok Timur melakukan penataan kawasan, salah satunya dengan memindahkan masyarakat yang sebelumnya mendirikan bangunan rumah di sempadan pantai di kawasan Ekas Buana.

Langkah ini juga untuk menjamin keselamatan serta kenyamanan masyarakat yang kerap dilanda banjir.

Memaksimalkan potensi di tengah keterbatasan, selain menarik dana pusat ke daerah, Pemda juga terus menjalin kolaborasi dan sinergisitas dengan berbagai elemen, termasuk TNI-Polri.

Mengatasi sebagaian persoalan di wilayah selatan, khususnya Ekas Buana, Pemda bersinergi dengan Kodim 1615/Lombok Timur melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113.

Baca juga : TNI Terus Berkarya Melalui TMMD Dinanti Masyarakat

Bupati Sukiman pada acara Pembukaan TMMD ke-113 yang berlangsung Rabu (11/5) menjelaskan bahwa Pemda mengalokasikan Rp. 1,6 milyar guna membangun 30 unit rumah layak huni untuk relokasi nelayan.

Masing-masing unit dengan tipe 21 tersebut nantinya akan berdiri di lahan seluas 200 meter persegi. Ia percaya manunggal TNI dengan masyarakat setempat dapat memaksimalkan dana tersebut.

Karena itu, Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan TNI, baik Komandan Kodim 1615 Lombok Timur maupun Komandan Korem 162 Wira Bhakti beserta seluruh jajaran.

Bupati berharap bakti TNI melalui pembangunan kegiatan fisik dan non fisik selama TMMD ini akan bermanfaat untuk percepatan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

Selama kurang lebih sebulan pelaksanaan TMMD yang mengangkat tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” ini, selain kegiatan fisik dengan pembangunan rumah layak huni, juga dilakukan kegiatan non fisik mulai dari sosialisasi/penyuluhan penanggulangan penyebaran Covid-19, penghijauan, wawasan kebangsaan, penyuluhan penanggulangan bencana alam, termasuk penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba serta pelayanan kesehatan, hingga sosialisasi rekrutmen TNI.

Berbagai kegiatan non fisik tersebut diharapkan mampu meningkatkan kapasitas serta mendorong pemberdayaan masyarakat.

Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel CZI Lalu Rudy Irham Srigede yang turut hadir pada pembukaan TMMD tersebut mengapresiasi antusiasme Pemda Lombok Timur dan dukungan terhadap kegiatan tersebut.

Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan sesuai tujuannya, diantaranya menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong dan rasa kekeluargaan serta partisipasi aktif masyarakat dalam membangun daerahnya sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh kuat serta terwujudnya Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Beberapa waktu lalu melalui kolaborasi Pemda Lombok Timur dan Kodim 1615 pada pelaksanaan TMMD ke-105 berhasil dilakukan rehab 100 unit RTLH.

Diharapkan kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan untuk percepatan pembangunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan fisik maupun non fisik dan memantapkan Kemanunggalan TNI-Rakyat.