Beranda Berita Terbaru

Polda NTB: Meski Triathlon Sukses, Perlu Persiapan dan Evaluasi Menyeluruh

0
Triathlon
Foto: PLH Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol Lalu Muhammad Iwan Mahardan

BARBARETO.com – Pelaksanan Triathlon yang diselenggarakan pemerintah provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB), menurut Polda NTB perlu persiapan matang, perbaikan dan evaluasi harus dilakukan meski acaranya sukses.

Hal itu diungkapkan PLH Karo Ops Polda NTB, Kombes Pol Lalu Muhammad Iwan Mahardan kepada media ini di kantornya, Senin (12/12/2022).

“Kedepan, kegiatan seperti ini harus dilaksanakan melalui perencanaan yang baik,” kata Pamen Polri Melati tiga asal Lombok Timur ini.

Dikatakan, beberapa hal perlu ada evaluasi, seperti panitia, mereka perlu melakukan perencanaan dengan baik.

“Sesuatu yang sudah direncanakan harus dilakukan dengan konsisten,” ungkapnya.

“Jika ada perubahan, rentan waktunya bukan sehari, harusnya jauh-jauh hari sebelumnya, H min satu semua sudah siap, tidak boleh ada perubahan,” tambahnya.

Hal itu, menurut PLH Karo Ops, akan membuat pihaknya kewalahan dalam pengaturan strategi pengamanan dan pengawalan.

Dimana kegiatan Triathlon, merupakan kegiatan tiga lomba yang digabung menjadi satu (renang, sepeda dan lari/red) layaknya Ironman.

Selain itu, peserta yang mengikuti lomba jumlahnya menjadi banyak, karena satu orang mengikuti satu mata lomba, membuatnya harus menambah personel dengan segera.

Menurut Pamen melati tiga itu, seharusnya 1 orang mengikuti tiga mata lomba sekaligus, layaknya Ironman, namun Triathlon oleh Pemprov ini, satu orang mengikuti satu mata lomba.

Jika ditotal tiga kali lipat jumlah pesertanya dari yang seharusnya.

“Keselamatan peserta menjadi prioritas utama, sebelum mengikuti lomba harusnya di tes terlebih dahulu. Seperti lomba renang siapa yang menjamin mereka bisa renang, harusnya mereka diseleksi terlebih dahulu, kuat atau tidaknya mereka renang, bersyukur rute dan jaraknya dirubah,” terang L Iwan.

Selebihnya ia bersyukur, kegiatan Triathlon berjalan lancar dan sukses, ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan itu.

Terutama kepada anggota, ia ucapkan terimakasih dan apresiasi karena telah mengawal dan mengamankan kegiatan itu dengan baik.

Bentuk keseriusan Polda NTB mendukung kegiatan itu, 171 personel dari Polda dan Polresta diterjunkan, hingga kegiatan berakhir, polisi tetap konsisten mengawal dan mengamankan kegiatan.

Baca berita lainnya di Google News

Exit mobile version