Jumat, April 12, 2024

Tingkatkan Kinerja, Lombok Barat Gelar Refleksi Akhir Tahun 2022

BARBARETO.com – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat menggelar refleksi akhir tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Rabu, 21 Desember 2022.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, Ketua TP PKK Lobar Hj. Khairatun Fauzan Khalid, Asisten II Setda Lombok Barat Rusditah, S.Sos, Kepala OPD, Camat, Kabag dan Kabid Lingkup Pemkab Lombok Barat.

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid dalam sambutannya mengatakan kegiatan refleksi akhir tahun ini dibutuhkan untuk melakukan evaluasi atas berbagai program dan kegiatan yang telah dilakukan selama tahun 2022.

Hal ini agar kita mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada pada setiap program kegiatan yang telah dilakukan tahun 2022.

“Semua OPD perlu untuk melakukan evaluasi dengan mengumpulkan staf untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan atas program kegiatan yang dilakukan tahun 2022 dan akan lebih baik lagi dalam bentuk tertulis hasil evaluasinya,” ujarnya.

Sementara itu terkait dengan pelaksanaan program kegiatan dan RPJMD pada tahun 2022 ini, Fauzan mengatakan sudah banyak kemajuan kemajuan yang diperoleh dalam pelaksanaan RPJMD.

Selain itu pada tahun 2022 ini kita juga memiliki banyak prestasi prestasi membanggakan yang kita raih.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan bagi semua masyarakat dan menjadi semangat bagi kita untuk terus meningkatkan kinerja.

Sementara itu Fauzan juga mengatakan ada sejumlah hal yang menjadi pekerjaan rumah kita bersama yaitu persoalan kemiskinan dan pengangguran.

Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi kita semua untuk terus melakukan program kegiatan yang dapat mendukung pengentasan kemiskinan. Ia mengatakan situasi ekonomi sejak pandemi hingga saat ini menyebabkan meningkatnya jumlah kemiskinan dan pengangguran.

Perlu ada langkah inovasi dan terobosan untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

“Kita sudah banyak melakukan MOU di bidang tenaga kerja dan ekonomi dan kami minta untuk dinas dinas terkait untuk segera menindaklanjuti MOU ini dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama yang tentu ini kita harapkan menjadi salah satu terobosan dalam mengurangi pengangguran dan menurunkan angka kemiskinan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Fauzan menyampaikan tentang pertumbuhan ekonomi Lombok Barat yang berangsur angsur pulih.

Refleksi Akhir Tahun
Refleksi Akhir Tahun 2022 Kabupaten Lombok Barat

Ia mengatakan bahwa tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Lombok Barat minus karena disebabkan oleh pandemi covid19.

Untuk tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Lombok Barat berangsur angsur tumbuh dan menyentuh angka 3,40.

Kita berharap tahun 2022 pertumbuhan ekonomi kita semakin tinggi sehingga menjadi daya ungkit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mengatakan perlu ada sentuhan langsung kepada masyarakat berupa program yang menggerakkan ekonomi masyarakat.

Menurutnya program Si Tebel menjadi penting untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

“Dengan program si Tebel ini Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Lobar bersama TPID Kota Mataram dan Propinsi NTB berhasil meraih juara 1 dan ini tentu menjadi salah satu faktor penting dalam menggerakkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu terkait dengan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Lombok Barat berada pada posisi 4 setelah Kota Mataram, Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Hal ini tentu menjadi tugas kita bersama untuk meningkatkan IPM Lombok Barat agar bisa berada diurutan 3. Banyak indikator indikator yang perlu ditingkatkan agar IPM bisa berada pada peringkat 3.

Dalam kesempatan ini Bupati Fauzan juga mengatakan bahwa hal tersebut dapat terlaksana dengan baik atas kolaborasi dan dukungan berbagai pihak.

Salah satunya adalah Tuan Guru dan Masyarakat luas serta berbagai pihak yang telah memberikan dukungan pada program pembangunan di Lombok Barat. Ia mengatakan bahwa Kolaborasi dan kebersamaan menjadi salah satu kunci penting dalam melaksanakan pembangunan di Lombok Barat.

“Semangat kolaborasi dan kebersamaan ini menjadi kunci penting dalam melaksanakan pembangunan di Lombok Barat. Terima kasih untuk para tuan guru, tokoh masyarakat, tokoh agama dan semua pihak atas dukungannya, sehingga proses pembangunan di Lombok Barat berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Dalam Kegiatan Refleksi akhir tahun ini juga diberikan penghargaan TOP 99 Inovasi Daerah yaitu untuk SiPeka BuSiska yang merupakan inovasi dari Dinas kesehatan Lombok Barat yang telah digunakan di Indonesia.

Selain itu dalam kesempatan ini juga diserahkan Piala untuk Juara 1 Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) tahun 2022 kepada Kecamatan Narmada.

Baca berita lainnya di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments