Kamis, April 11, 2024

KKN Terpadu Unram Desa Keru Sosialisasi Kewirausahaan

BARBARETO.com – Mahasiswa KKN Terpadu Unram mengadakan sosialisasi kewirausahaan di kantor Desa Keru sebagai wujud melaksanakan program kerja utama, Rabu, 25 Januari 2023.

Banyaknya potensi-potensi lokal yang ada di Desa Keru menambah semangat dan inovasi Mahasiswa Unram mengajak masyarakat agar memanfaatkan potensi-potensi lokal menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual dan dapat bersaing didunia bisnis.

Pelaksanaan sosialisasi kewirausahaan berjalan lancar dan tertib sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 48 orang baik dari kalangan pemerintahan desa, ibu-ibu PKK, pemuda/pemudi Desa Keru, dan rekan-rekan KKN Terpadu Unram Desa Keru.

Antusias masyarakat desa dengan diadakan sosialisasi diterima dengan baik dan menambah semangat dan mengubah mindset berpikir bagaimana memanfaatkan potensi-potensi desa menjadi yang bernilai.

Kebaradaan Ibu Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi Ketua DPD IWAPI NTB sebagai narasumber atau pemateri menjadi salah satu alasan antusiasnya kehadiran masyarakat Desa Keru.

Dengan diadakan kegiatan sosialisasi dapat mewujudkan semangat jiwa bisnis terutama dikalangan pemudi/pemudi atau ibu-ibu masyarakat Desa Keru dengan memanfaatkan potensi lokal yang ada di desa.

Keberadaan Desa Keru yang sangat strategis terutama dengan keberadaan pasar utama menjadi salah satu faktor yang menunjukkan bahwa Desa Keru kaya akan hasil alamnya.

Keberadaan pasar mewujudkan profil masyarakat Desa Keru yang mayoritas menjadi pedagang.

Memanfaatkan potensi sumber daya manusia tersebut, mahasiswa mengajak masyarakat tidak hanya menjual secara mentahnya saja hasil alam, melainkan dapat diolah kembali menjadi produk yang memiliki nilai jual.

Sehingga produk tersebut dapat dipasarkan di pasar keru atau minimarket setempat.

Salah satu contoh produk lokal yang dihasilkan Mahasiswa KKN Terpadu Unram Desa Keru adalah Jakiru (Jamur Krispi Keru) yang bahan dasarnya berupa jamur tiram.

Produk tersebut menjadi salah satu yang dapat dilanjutkan oleh masyarakat keru untuk kedepannya, agar mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Materi yang disampaikan narasumber sangat menarik dan membangkitkan semangat peserta sosialisasi.

Memulai sesuatu memang sulit, namun harus memiliki kemauan untuk dapat meraihnya.

Juga tidak selamanya PNS sebagai tolak ukur kesuksesan , namun bisa juga menjadi wirausaha yang berinovasi dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada di sekitar.

Ketua kelompok KKN Terpadu Unram Desa Keru, Nurrahman berharap dengan diadakannya sosialisasi kewirausahaan menumbuhkan semangat dan jiwa-jiwa bisnis masyarakaat Desa Keru yang dapat bergerak maju dengan memanfaatkan potensi hasil alamnya yang dapat diolah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual.

Follow kami di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments