Jumat, April 12, 2024

Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Desa Jenggik Utara Olah Singkong jadi Cemilan Kekinian

BARBARETO.com – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik UNRAM 2023 di Desa Jenggik Utara Kecamatan Montong Gading, olah singkong jadi cemilan kekinian untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan bahan yang ada di lingkungan Desa Jenggik Utara, Kamis (19/01/2023).

Ide kreatif ini merupakan salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) di Desa Jenggik Utara.

“Dikarenakan masih banyak sekali masyarakat di Desa Jenggik Utara yang menanam singkong di sawah atau kebun mereka, akan tetapi masyarakat di Desa Jenggik Utara jarang sekali membuat suatu olahan bernilai jual yang lebih tinggi dari sekedar hanya menjual singkong ke pasar dengan kisaran harga Rp. 3.000,00/Kg sampai dengan Rp. 4.000,00/Kg, hal ini menyebabkan pendapatan masyarakat Desa Jenggik Utara dari penjualan singkong tidak terlalu banyak membantu dalam menunjang perekonomian mereka,” kata Saepudin, salah satu Kepala Wilayah di Desa Jenggik Utara, Sabtu (31/12/2022).

“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengolah SDA yang ada pada Desa Jenggik Utara ini terutama singkongnya dan bagaimana cara menjual produk ini dengan harga yang lebih tinggi,” kata Deny, Ketua Kelompok KKN Tematik UNRAM di Desa Jenggik Utara, Kamis (19/01/2023) .

Berdasarkan permasalahan tersebut maka munculah sebuah ide dari Mahasiswa KKN Tematik UNRAM 2023 di Desa Jenggik Utara untuk menaikan harga jual singkong dengan cara mengolahnya menjadi cemilan kekinian.

Oleh karena itu dilakukan sosialisai dan pelatihan pembuatan produk makanan dari olahan singkong sekaligus cara memasarkannya melalui digital marketing yang dihadiri oleh perwakilan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari masing-masing dusun di Desa Jenggik Utara.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali dalam meningkatkan kesadaran dan kemampuan masyarakat Desa Jenggik Utara untuk mengolah singkong menjadi prdouk yang bernilai jual tinggi,” kata bapak Sopyan, Sekretaris Desa.

Adapun materi sosialisasi mencakup pengenalan, cara pembuatan, dan kelebihan serta kekurangan produk.

Kemudian ada juga materi tentang digital marketing yang memaparkan tentang penjualan produk secara online.

“Banyak masyarakat yang tertarik pada produk makanan olahan singkong ini karena menurut mereka produk ini sangat menarik disamping itu rasanya juga enak. Banyak pula ibu-ibu rumah tangga yang berminat untuk diajari cara pembuatan olahan singkong ini,” kata Sandi, wakil ketua KKN Tematik UNRAM Desa Jenggik Utara.

Follow kami di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments