Rabu, April 24, 2024

Mahasiswa KKN Unram Desa Gondang Membuat Pestisida Alami Dari Tanaman Mimba

babareto.com | Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, merupakan salah satu desa yang memanfaatkan lahan sebagai area pertanian dan bercocok tanam. 

Sektor pertanian menjadi sektor andalan di Desa Gondang karena adanya lahan pertanian seperti sawah dan perkebunan yang cukup luas. 

Potensi pertanian yang dimiliki Desa Gondang adalah padi dan palawija (kacang tanah, kedelai, dan jagung). 

Petani di Desa Gondang ini masih memiliki permasalahan dalam bidang pertanian, seperti hama pada tanaman dan pupuk yang digunakan dalam tanaman tersebut. 

Oleh karena itu, penggunaan pestisida nabati menjadi salah satu solusi yang tepat dapat mengatasi masalah tersebut.

Untuk itu, Mahasiswa/i KKN Unram (Universitas Mataram) Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara mencoba menawarkan solusi dengan membuat pestisida nabati menggunakan salah satu tumbuhan yaitu tanaman Mimba (Azadirachta indica). 

Baca juga : Mahasiswa KKN Desapreneur UNRAM Branding Kopi Robusta Kelompok Tani Mule Jati

Tanaman Mimba memiliki potensi sebagai pestisida nabati yang baik untuk tanaman pangan. 

Semua bagian dari pohon mimba memiliki aktivitas pestisida. 

“Biji dan daun Mimba mengandung empat senyawa kimia alami yang aktif sebagai pestisida, yaitu azadirachtin, salanin, meliatriol, dan nimbin,” ujar Restu Komala, Ketua KKN Unram Desa Gondang.

Restu Kumala
Restu Kumala

Senyawa tersebut dapat menghambat pertumbuhan serangga hama, mengurangi nafsu makan, mengurangi produksi dan penetasan telur, meningkatkan mortalitas, mengaktifkan infertilitas dan menolak hama di sekitar pohon Mimba. 

“Ekstrak Mimba yang terbuat dari daun, bunga, dan biji mimba dapat digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis hama, misalnya Helopelthis sp., ulat jengkal, Aphis sp., Nilarvata sp., dan Sitophilus sp.,” lanjut Komala.

Alternatif pemanfaatan pestisida nabati sebagai pengendali hama perlu ditingkatkan agar dapat mengurangi penggunaan pestisida sintetik.

Proses pembuatan pestisida alami dari daun Mimba yaitu: 

  1. Mencincang daun Mimba, Daun Mimba yang dicincang bertujuan untuk memperluas permukaan daun mimba dan mempercepat fermentasi
  2. Menyaring daun Mimba.

Daun Mimba yang telah di potong potong atau diblender kemudian dilakukan fermentasi yang bertujuan untuk mengeluarkan zat-zat yang ada pada daun Mimba.

Setelah di fermentasi kemudian disaring dan hasil saringannya ditaruh di botol.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments