28.8 C
Lombok
Sabtu, September 21, 2024

Buy now

Sekolah Literasi Rinjani Gelar Workshop Jurnalsaingrafi

Lombok Timur, barbareto.com – Sekolah Literasi Rinjani (SLR) kolaborasi dengan Pemerintah Desa Jeruk Manis menggelar kegiatan Workshop Jurnalistik dasar, Desain Grafis, photo dan videografi (Jurnalsaingrafi) selama dua hari (sabtu-minggu, 27-28 Juli 2024) di Desa Wisata jeruk manis.

Kegiatan workshop Jurnalsaingrafi yang bertemakan “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pengembangan Ekowisata” tersebut diikuti oleh pemuda lintas komunitas, pemuda desa jeruk manis, Pokdarwis Teras Rinjani, mahasiswa KKN dari UGM, Unram, UNU, UIN Mataram, dan dihadiri oleh perwakilan dari Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Lombok Timur.

“Kalau anda ingin jalan singkat dan sebentar, jalanlah sendiri. Tapi jika anda ingin jalan lama dan panjang, berjalanlah bersama-sama”. Ucap Kadispar lotim, Widayat, M.Pd, pada Sabtu, (17/7/24).

Lebih lanjut, ia menekankan agar Desa Wisata Jeruk manis kedepan harus memiliki event atau atraksi yang khas. Agar Desa Jeruk Manis memiliki daya tarik yang beda dengan desa-desa wisata lainnya.

“Desa Jeruk Manis ini masih baru, artinya belum ada event. Desa pariwisata itu minimal harus punya event pembeda. Karena yang di sebut destinasi bukan lagi tempat, tapi yang di sebut destinasi adalah atraksi. Boleh ada destinasi tapi kalo gak ada atraksinya siapa yang mau datang”, terangnya.

Kades Jeruk Manis Apresiasi Sekolah Literasi Rinjani
Sekolah Literasi Rinjani
Foto: Peserta di ajak keliling ke beberapa destinasi wisata yang ada di jeruk manis. (Sumber: Panitia Workhsop)

Di tempat yang sama, Kepala Desa Jeruk Manis, Nasipudin, juga mengapresiasi kegiatan Workhsop Jurnalsaingrafi yang di inisiasi oleh Sekolah Literasi Rinjani tersebut.

“Kami sangat berterima kasih kepada SLR karena telah menggelar kegiatan seperti ini, dan memilih Desa Jeruk Manis sebagai lokasinya. Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat kami butuhkan sebagai upaya promosi dan meningkatkan softskill masyarakat, khususnya pemuda dan pelaku wisata di Desa.” Harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Muh. Rizal Yusri, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini selama dua hari. Pada hari pertama, panitia memberikan peserta materi dasar terkait dengan jurnalistik, Desain Grafis, poto & Videografi. Kemudian, di hari kedua, peserta di ajak keliling ke beberapa destinasi wisata yang ada di jeruk manis. Sembari praktik photo dan Videografi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada PLN Peduli yang telah mendukung kegiatan-kegiatan Sekolah Literasi Rinjani. Kegiatan ini di buka untuk umum, tapi memang kita prioritaskan untuk pemuda-pemuda yang ada di jeruk manis. Dengan harapan kedepan teman-teman pemuda desa jeruk manis bisa mandiri dalam mengelola dan mempromosikan pariwisata kita yang ada di Jeruk Manis.” Harapnya.

Baca berita lainnya di Google News

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi

Related Articles

Stay Connected

2,593FansSuka
344PengikutMengikuti
112PengikutMengikuti
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles