28.8 C
Lombok
Sabtu, September 21, 2024

Buy now

Catatan Redaksi: Menunggu Visi Ekonomi Calon Kepala Daerah

Mataram – Salah satu aspek penting yang seharusnya tergambar dan tertuang dalam visi dan misi calon kepala daerah adalah terkait visi ekonomi, yakni terkait langkah strategis apa yang akan dilakukan oleh calon kepala daerah dalam mengoptimalkan sumber daya dalam rangka pembangunan.

Aspek ini kerap dilupakan bahkan diabaikan oleh sebagian besar calon kepala daerah, mereka umumnya hanya fokus pada visi dan misi populer yang terkait dengan pembangunan fisik atapun infrastruktur.

Mengapa visi ekonomi ini menjadi penting ?. Tentu saja ini sangat penting, mengingat visi ekonomi ini adalah hal yang sangat mendasar tentang bagaimana cara menerapkan program-program pembangunan di daerah dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang ada di daerah.  

Dengan adanya visi ekonomi ini akan menterjemahkan pelaksanaan visi dan misi kepala daerah menjadi program-program teknis di lapangan.

Visi ekonomi ini sangatlah penting dalam rangka untuk menwujudkan kesejahteraan masyarakat, sehingga harus ada keterkaitan erat antara visi dan misi ekonomi dengan pembangunan infrastruktur dan fisik daerah yang telah didesain oleh calon kepala daerah.

Sebagus apapun konsep atau program pembangunan infrastruktur, fisik yang direncanakan, namun tanpa visi ekonomi yang jelas, tentunya tidak akan mendapatkan hasil yang optimal.

Kita dapat bercermin dari beberapa kasus yang terjadi, dimana banyak visi dan misi kepala daerah yang hanya mengedepankan pembangunan fisik, akibatnya tidak sinkron antara kehendak kepala daerah dengan keinginan masyarakat yang berharap peningkatan taraf hidup, pendapatan dan kesejahteraan.

Salah satu yang menjadi permasalahan utama hampir di setiap daerah adalah masalah kesenjangan. Kesenjangan dapat terjadi dalam segala aspek sosial, hal ini disebabkan karena ketidakmerataan pendistribusian.

Kesenjangan biasanya terjadi pada ketidakmerataan pendistribusian aspek-aspek perekonomian sehingga muncullah istilah kesenjangan sosial ekonomi.

Sektor perekonomian merupakan salah satu elemen penting penunjang kehidupan, yang mana dalam keseharian manusia tidak akan bisa di pisahkan dengan perekonomian.

Sektor perekonomian ini harus mendapat perhatian lebih dari setiap calon kepala daerah karena sektor ini terbilang cukup rapuh, seringkali timbul berbagai permasalahan, konflik, dan perpecahan karena sektor perekonomian.

Salah satu aspek yang seharusnya dapat dipertimbangkan oleh calon kepala daerah untuk mengatasi kesenjangan ekonomi ini adalah dengan menerapkan sistem perekonomian syariah.

Ekonomi syariah merupakan sistem yang diyakini dapat menciptakan suatu stabilitas dalam perekonomian dan dapat menjadi solusi dari permasalahan kesenjangan sosial ekonomi, karena didalamnya terdapat banyak sistem yang dinilai dapat melakukan pendistribusian secara merata.

Dalam kaitan inilah penting kiranya setiap calon kepala daerah, ketika menyusun visi, misi dan program strategisnya, untuk turut menyertakan atau mencantumkan konsep ekonomi di dalamnya, agar ketika terpilih menjadi kepala daerah, dapat langsung mensinkronisasi potensi sumber daya daerah dengan program strategis yang disusunnya agar dapat menjalankan program-program strategis dengan baik.

Visi ekonomi ini juga dapat menjadi salah satu indikator dalam mengukur sejauh mana keseriusan setiap calon kepala daerah dalam mensejahterakan masyarakat.

Berita lainnya klik di sini

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi

Related Articles

Stay Connected

2,593FansSuka
344PengikutMengikuti
112PengikutMengikuti
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles