Berkunjung ke Lombok, Ganjar Pranowo Napak Tilas Bung Karno di Wisma Soedjono dan Silaturahmi dengan Ketum PB NW

Berkunjung ke Lombok, Ganjar Pranowo Napak Tilas Bung Karno di Wisma Soedjono dan Silaturahmi dengan Ketum PB NW

barbareto.com | Berkunjung ke Lombok untuk menonton MotoGP di Sirkuit Mandalika, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo napak tilas perjuangan Bung Karno dan silaturahmi dengan tokoh agama.

Selama berada di Lombok, Ganjar Pranowo menyempatkan diri mengunjungi Wisma Soedjono di Tetebatu dan silaturahmi dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Wathan di Anjani.

Napak Tilas Bung Karno di Wisma Soedjono
Ganjar Pranowo Napak Tilas Bung Karno di Wisma Soedjono
Ganjar Pranowo Napak Tilas Bung Karno di Wisma Soedjono

Ganjar Pranowo mengunjungi Wisma Soedjono, pada Sabtu (19/3/2022). 

Wisma Soedjono yang berada di Desa Tetebatu Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur merupakan peninggalan dokter pertama di Lombok Timur, dr. Soedjono. 

Wisma Soedjono kini ditinggali dan dikelola oleh Soerdini Soeweno, yang merupakan istri salah satu putra mendiang dr. Soedjono, yaitu Raden Soeweno Soedjono. 

Dalam postingan di akun Instagram pribadinya @ganjar_parnowo, Ganjar Pranowo mengungkapkan kekagumannya pada bangunan Wisma Soedjono yang berdiri sejak tahun 1920 tersebut.

“Bangunan ini jadi saksi sejarah perjuangan kemanusiaan yg dilakukan dr. Soedjono di Lombok Timur. Setelah perjalanannya mendalami ilmu kedokteran di Stovia, di tanah inilah beliau mengamalkan,” ujar ganjar.

Di dalam bangunan Wisma Soedjono, terdapat banyak foto bersejarah terpajang di dinding. Bung Karno disebut pernah mendatangi Wisma Soedjono.

“Aura perjuangan beliau juga bisa kita simak pd koleksi foto yg dipajang di dinding-dinding wisna. Bung Karno pun menyempatkan diri untuk jadi saksi perjuangan beliau,” ucap Ganjar. 

Kemudian, putrinya yang menjadi Presiden Indonesia periode 2001-2004, Megawati Soekarnoputri, juga mendatangi wisma ini pada 1980-an. 

“Bahkan untuk mengenang dr. Soedjono, Presiden RI ke 5 Ibu Megawati Soekarnoputri ke wisma ini sampai dua kali. Jasa beliau memang luar biasa. Jangan lupa mampir ke sini ya kalau ke Lombok,” kata Ganjar.

Silaturahmi dengan Ketum PB NW
Silaturahmi dengan Ketum PB NW
Silaturahmi dengan Ketum PB NW, Tuan Guru KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani.

Selama di Lombok, Ganjar Pranowo juga mengunjungi kediaman Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Wathan (NW) Tuan Guru KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Abdul Madjid Nahdlatul Wathan Anjani, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Senin, 21 Maret 2022.

Dalam postingan Instagram pribadinya @ganjar_pranowo, Ganjar mengungkapkan kesan yang mendalam bisa bersilaturahmi dengan Tuan Guru KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani.

“Alhamdulillah bisa silaturrahmi dengan Tuan Guru KH Lalu Gede Zainuddin Tsani di Lombok Timur. Keluasan ilmu dan kerendahan hati beliau membuat siapapun yang diajak bercengkrama selalu merasa Bahagia,” ungkap Ganjar.

Tak lupa, Ganjar menyampaikan salam takzim kepada Tuan Guru KH. Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani dan seluruh jamaah Nahdlatul Wathan.

“Termasuk juga para santri yang masyaallah, selalu mendapat keberkahan beliau. Salam ta’dzim kami Tuan Guru. Sehat selalu,” ungkap Ganjar.