Peringati Hari Kartini, Wagub Cok Ace Serahkan Penghargaan Bagi Perempuan Berjasa dan Berprestasi

0
129
Peringati Hari Kartini, Wagub Cok Ace Serahkan Penghargaan Bagi Perempuan Berjasa dan Berprestasi
Foto : Wagub Cok Ace Hadiri Peringatan Hari Kartini.

barbareto.com | Memperingati Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 yang jatuh pada Kamis (21/4/2022) para istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE) Kabinet Indonesia Maju bekerjasama dengan lembaga pemerintah, provinsi dan kabupaten/kota menganugerahkan penghargaan bagi 514 perempuan berjasa dan berprestasi di berbagai bidang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk Bali, penghargaan diterima sembilan perempuan dari kabupaten/kota. Delapan penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam acara yang berlangsung di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali.

Penerima penghargaan itu adalah Netty Johanna Elizabeth (bidang kesehatan) dari Kabupaten Jembrana, Eriana Herlisanti, S.Pd (bidang sosial budaya) dari Kabupaten Tabanan, Ni Kadek Suyatni (bidang lingkungan hidup) dari Kabupaten Badung, Diah Pariyah, S.Pd. AUD (bidang pendidikan) dari Kabupaten Klungkung, Ni Wayan Yuliantari, A.Md. Keb (bidang kesehatan) dari Kabupaten Bangli, Ni Nengah Putu (bidang sosial budaya) dari Kabupaten Karangasem, Dr. Komang Anik Sugiani, S.Pd. M.Pd (bidang lingkungan hidup) dari Kabupaten Buleleng dan Ni Wayan Purnami Rusadi (bidang pertanian) dari Kota Denpasar.

Sementara satu orang peraih penghargaan bidang pertanian yaitu Ni Putu Ari Sapta Pratiwi dari Kabupaten Gianyar mendapat kehormatan menerima penghargaan di Istana Negara pada acara yang dihadiri langsung oleh Pembina OASE Kabinet Indonesia Maju Ny. Iriana Joko Widodo.

Usai prosesi penyerahan penghargaan, Wagub Cok Ace beserta seluruh undangan yang hadir di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali mengikuti acara secara online di Istana Negara.

Dalam arahannya, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengajak perempuan di seluruh Indonesia senantiasa meneladani semangat juang RA.Kartini.

Ibu Negara menambahkan, sosok RA Kartini memliki jasa yang sangat besar bagi kaumnya karena berkat perjuangan beliau, saat ini perempuan bisa sejajar dengan laki-laki dalam memperoleh kesempatan yang sama di berbagai bidang. Saat ini, ia menilai kaum perempuan telah banyak memberi kontribusi bagi bangsa dan negara.

“Dengan keahlian di bidang masing-masing, banyak perempuan yang berhasil mengukir prestasi di kancah nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Baca juga : Wabup Artha Dipa Hadiri Peringatan Hari Kartini ke-143

Pada bagian lain, Iriana Jokowi juga menyinggung kiprah perempuan dalam penanganan pandemi Covid-19. Ia menyebut, keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan pandemi tak terlepas dari sumbangsih kaum perempuan yang bergerak di berbagai bidang, khususnya kesehatan.

“Setelah pandemi terkendali, kiprah perempuan juga sangat dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi,” imbuhnya sembari menegaskan kalau pemerintah berkomitmen untuk memberi peluang seluas-luasnya bagi perempuan untuk berkarya dan memaksimalkan potensi di berbagai bidang kehidupan.

Mengakhiri arahannya, Iriana Jokowi mendorong perempuan Indonesia terus menumbuhkan semangat dalam mengukir prestasi di berbagai bidang.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini ke-144 Tahun 2022 Ny. Tri Tito Karnavian. Istri Mendagri ini mengajak perempuan di seluruh negeri mengobarkan semangat juang RA Kartini yang telah berjasa bagi kemajuan kaumnya.

Ditambahkan olehnya, pemberian penghargaan bagi perempuan berjasa dan berprestasi dari seluruh Indonesia merupakan wujud apresiasi atas karya nyata yang telah dipersembahkan untuk bangsa dan negara.

Ia berharap, semangat dan karya nyata mereka menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya untuk mengukir prestasi yang sama. Penghargaan dibagi dalam lima bidang yaitu pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup dan pertanian.

Sementara itu, Wagub Cok Ace yang diwawancarai usai acara menyampaikan bahwa semangat yang diwariskan RA Kartini menjadi modal dalam menghadapi berbagai persoalan yang belakangan dihadapi oleh masyarakat. Salah satu persoalan yang menjadi isu global adalah upaya pengendalian pandemi Covid-19.

Ia menilai, keberhasilan pemerintah yang didukung oleh berbagai komponen dalam pengendalian pandemi tak terlepas dari kiprah dan peran perempuan.

“Sekalipun belum tuntas, tapi situasi makin membaik. Keberhasilan ini tentunya tak terlepas dari kiprah perempuan yang mewarisi semangat Kartini,” ujar Wagub Cok Ace yang didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kadinsos P3A) Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra.

Ke depannya, ia berharap semangat itu tetap dikobarkan untuk mengatasi berbagai persoalan lainnya.(*/b)