28.8 C
Lombok
Sabtu, September 21, 2024

Buy now

Catatan Redaksi : Industrialisasi NTB Salah Produk

Mataram, Barbareto – Sejatinya industrialisasi bermakna bagaimana peran sektor industrialisasi ini dalam perekonomian, yang dalam hal ini indikatornya adalah ekonomi makro yang dapat dilihat kontribusinya dalam Produk Domestik Bruto (PDB).

Tentunya untuk meningkatkan peran industrialisasi ini menuntut banyak tersedianya sumber daya, baik itu berupa modal, teknologi ataupun tenaga kerja yang mempunyai skills atau keahlian tertentu.

Tuntutan ekonomi menuntut peran pemerintah untuk ikut campur dalam industrialisasi, karena pelaku bisnis kecenderungannya akan menggarap sektor ini kalo ada permintaan yang besar dan pasar yang luas.

Industrialisasi bukanlah suatu yang sederhana, industrialisasi itu bukan hanya bahan kampanye politik calon kepala daerah ketika menjelang pilkada, industrialisasi itu adalah alat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, karena industrialisasi itu terkait dengan banyak hal dan banyak asfek, seperti ekonomi, teknologi, kebijakan pemerintah, sosial budaya, dan lainya.

Beberapa waktu lalu pernah tenar dan viral industrialisasi NTB menghasilkan produk Sepeda Listrik yang publikasinya besar-besaran.

Namun, bukannya pujian yang didapat, malah banyak yang mengkritisi industrialisasi NTB yang tidak menghasilkan produk yang bemanfaaat bagi sebagian masyarakat NTB.

Produk Industrialisasi di NTB

Berbicara NTB, demografi NTB ini adalah petani, seharusnya titik fokus industrialisasi NTB itu adalah menciptakan alat atau mesin yang menunjang aktivitas ekonomi mayoritas masyarakat NTB, yaitu dengan cara menciptakan mesin dan alat pertanian modern yang bisa membantu petani meningkatkan produksi pertaniannya, bukan hanya membuat sepeda listrik.

Bayangkan, apakah bisa sepeda listrik itu dipakai oleh petani untuk angkut gabah di sawah dengan kapasitas yang besar?.

Dampak lingkungan dengan adanya sepeda listrik ini juga membuat banyak kekacauan lalu lintas, yang disebabkan oleh pengguna sepeda listrik ini adalah sebagian besar anak-anak yang belum mengerti dan paham tata cara berlalu lintas di jalan, sehingga ada banyak terdengar kasus kecelakaan lalu lintas yang di sebabkan oleh penggunaan sepeda listrik di jalan.

Nah, hal ini tentunya menjadi dampak negatif dari industrialisasi itu sendiri jika tidak menghasilkan produk yang tepat, dan tentunya kita berharap kebijakan Pemerintah daerah mendatang hasil Pilkada NTB 2024, akan lebih fokus pada industrialisasi yang menghasilkan produk tepat guna untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat.

Berita lainnya klik di sini

Barbareto
Barbareto
Informatif dan Menginspirasi

Related Articles

Stay Connected

2,593FansSuka
344PengikutMengikuti
112PengikutMengikuti
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Latest Articles