Selasa, Mei 21, 2024

Asri Farm Jadi Rumah Bibit Berkualitas di NTB

Lombok Timur-NTB. BARBARETO – Asri Farm merupakan tempat pembibitan berbagai macam benih tanaman berkualitas, yang berlokasi di Desa Gelora, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur-NTB. Biasanya, para petani lokal menjadikan Asri Farm sebagai rumah bagi bibit berkualitas tinggi.

Tak hanya kualitas tinggi, Asri Farm juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan pembibitan terkemuka di Indonesia. Tentu masyarakat yang bermata pencaharian sebagai petani, tidak asing dengan beberapa perusahaan tersebut.

M. Ansori – Owner Asri Farm

Owner Asri Farm Ansori mengatakan, pada dasarnya hal yang paling utama dalam usahanya itu ialah menciptakan bibit berkualitas dan meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Motto kami sederhana yaitu unggul dalam membuat bibit yang berkualitas. Dan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, saat ini di Asri Farm sedang memproduksi bibit yang mayoritas dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya yang ada di Lombok Timur. Seperti bibit cabai rawit, bibit cabai merah, bibit tomat, bibit sayur-sayuran dan masih banyak lagi bibit yang dibutuhkan oleh petani lokal setempat.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan tempat pembibitan yang lainnya. Asri Farm mendapat tempat di hati para petani karena harga yang ditawarkan juga tergolong ramah dikantong.

“Kami menjualnya dengan sistem paketan, dan ada juga yang perbiji. Harga perbijinya itu Insha Allah terjangkau oleh kantong petani kita,” tandas Ansori.

Perharinya, dikatakan oleh Ansori, Asri Farm dapat memproduksi bibit berkualitas dengan jumlah ribuan. Sehingga, total perbulannya Ia bisa memproduksi puluhan ribu bibit unggul.

“Kalau perbulan itu bisa sampai puluhan ribu bibit, kadang juga tergantung dari kondisi cuaca,” imbuhnya.

Asri Farm juga memproduksi sendiri fasilitas dan metode yang digunakan untuk menciptakan benih bibit yang berkualitas. Mulai dari pembuatan media tanam, sampai dengan proses pengemasan.

“Alhamdulillah, kami juga sudah mandiri dalam hal produksi. Mulai dari pembuatan media tanam hingga pengemasan,” tuturnya.

Selain itu, Asri Farm saat ini telah mempunyai tiga cabang tempat pembibitan. Hal itu tentunya kata Ansori merupakan ikhtiar yang baik ke depannya untuk memperbanyak cabang lagi.

Karena menurutnya, jika dilihat secara kasa mata maka akan didapati dampak dari pembuatan Asri Farm bukan hanya untuk transaksi jual beli. Namun, juga meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) setempat.

“Pegawai disini juga diambil dari masyarakat setempat, hal itu juga untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang pola pembibitan yang baik,” tandasnya.

Sehingga, baginya Asri Farm juga secara otomatis berdampak kepada masyarakat setempat dengan mengurangi angka pengangguran. (gok)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments