Jumat, April 12, 2024

Bidang SD Dikbud Lotim Tekankan Pembelajaran Keagamaan Selama Ramadhan 2024

Lombok Timur, barbareto.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur menekankan kepada Satuan Pendidikan untuk meningkatkan Pendidikan Karakter serta penanaman akhlak mulia selama bulan suci Ramdhan 1445 H/2024.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar ( SD ) Pada Dinas Pendidikan Lombok Timur menyebut, Ramadhan merupakan moment untuk menanamkan karakter yang agamais terhadap peserta didik terutama SD, dimana program tersebut sejalan dengan hajatan Pemrintah.

“Bulan Ramadhan pastinya dimanfaatkan untuk mendidik karakter utamanya pada nilai-nilai agama, mengingat keberhasilan Pendidikan tidak hanya dilihat dari tingginya nilai tetapi harus menanamkan karakter pada anak,”ungkapnya Kepada Barbareto.com Rabu (13/03/2024).

Lanjut Razak, kepintaran siswa akan menjadi sia-sia apabila tidak dibarengi dengan akhlak, yang justru memberikan dampak buruk terhadap agama dan negara.

“percuma saja jika generasi kita hanya dididik dengan kepintaran saja tetapi tanpa akhlak akan mendatangkan manfaat yang kurang baik terhadap negara,”ujarnya.

Karena itu, Terang Razak Dikbud Lotim kini tengah fokus menyelaraskan Pendidikan akhlak dan pendidikan Kognitif terhadap Siswa, yang tentunya butuh dukungan semua pihak terutama Orang Tua yang merupakan madrasah pertama bagi anak-anak.

“Dikbud kini berupaya menyelaraskan Pendidikan akhlak serta Pendidikan kognitif, agar menghasilkan manusia cerdas yang ditunjang akhlak dan moral,”terangnya.

Lebih jauh Razak menjelaskan, penanaman karakter terhadap anak dikuatkan dalam kurikulum merdeka dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ).

“Kembali ditegaskan Pendidikan Karakter juga dikuatkan dalam Kurikulum Merdeka yakni P5, Artinya Pendidikan Karakter pada anak adalah wajib,”pungkasnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments