More

    Diniyah Bait El Makmur Programkan Tasmi Hafalan Al Qur’an

    Lombok Timur-NTB. BARBARETO – Diniyah Bait El Makmur yang ada di Desa Aikmel, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur memprogramkan Tasmi’ Hafalan Al-Qur’an sekali duduk.

    Pembina Diniyah Bait El Makmur Makmur Aikmel, Eka Budiyansah mengungkapkan bahwa program hafalan itu dilaksanakan setiap Minggu pagi di mana masing-masing santri diminta untuk menghafal 8-10 Juzz Al-Qur’an 8-10 dalam sekali duduk yang ditayangkan secara live melalui facebook.

    Pendiri Diniyah Bait El Makmur itu menerangkan bahwa kegiatan tersebut penting dilakukan guna menginspirasi para Santri-Santriwati agar lebih giat dalam memperkuat hafalannya.

    “Tentu tujuan dari program ini adalah untuk memperkuat hafalan para santri,” ungkapnya. Sabtu, (11/12).

    Dia berharap, dengan program itu, para santri bisa dengan cepat menghafal 30 Juzz Al-Qur’an dalam sekali duduk.

    “Untuk mencapai semua itulah saya bersama pembina yang lain memprogramkan hal ini,” katanya.

    Memasuki Minggu kelima ini, lanjutnya, santri yang akan Tasmi’ hafalannya ialah santri dari Sumbawa. Santri tersebut akan membacakan Al-Qur’an dengan Dengan hafalan 8 Juzz dalam sekali duduk.

    “Minggu ini sudah memasuki pekan keempat. Pada hari minggu kemarin Santri kita menghafal 10 Juzz dalam satu kali duduk dan pada pekan kelima Minggu ini santri yang berasal dari sumbawa akan menghafal 8 Juz dan akan ditayangkan secara live lewat facebook,” jelasnya.

    Selain itu, Ia juga mengungkapkan bahwa, selain memfokuskan santri dalam mengahafal Qur’an, pihak Diniyah Bait El Makmur juga memfokuskan upara santri supaya berahlak baik dan sopan.

    “Kita fokuskan pada kualitas bacaan dan ahklak,” ujarnya.

    Pria yang akrab dipangil Ustadz Eka itu menuturkan bahwa selama pengahafalan dilakukan, ada beberapa santri yang secara bergiliran menyimak bacaan yang sedang menghafal dan menghitung berapa kesalahannya.

    “Setiap selesai hafalan 1 Juzz akan diberikan waktu istirahat sebentar dan dilanjutkan kembali dengan membaca Juzz selanjutnya,” ujarnya.

    Bagi Santri yang terlalu banyak kesalahan, katanya, akan diulang kembali, tapi tidak ditayangkan di Facebook.

    Tidak lama lagi, lanjutnya, Diniyyah Bait El Makmur akan memasuki tahun tiga. Dia berharap, nantinya, Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy bisa menghadiri acara tersebut.

    “Nanti dalam Milad Diniyah yang tiga kita akan undang Bupati dan mudah-mudahan Bupati bisa menghadiri,” tutupnya.

    Barbareto
    Barbaretohttps://barbareto.com
    Informatif dan Menginspirasi

    Latest articles

    Related articles