Dispora Lotim Kembali Buka Pendaftaran Pemuda Pelopor

Dispora Lotim Kembali Buka Pendaftaran Pemuda Pelopor

barbareto.com | Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lombok Timur (Lotim), sejak minggu terakhir bulan Maret sudah mulai membuka pendaftaran Pemuda Pelopor 2022 dengan bersurat ke setiap Kecamatan.

Pemuda Pelopor pada tahun ini masih mengacu pada pasal 1 Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Pada Dinas Pemuda dan Olahraga, Saifudin Zuhri mengatakan, ada beberapa aspek-aspek yang menjadi fokus sekaligus mandat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2009, diantaranya, pendidikan, sosial, agama dan budaya, inovasi teknologi dan pengembangan sumber daya manusia.

“Nantinya ada 5 bidang ini yang menjadi fokus untuk dikompetisikan tahun ini, guna menjaring Pemuda pelopor,“ jelasnya senin 4 april 2022.

Baca juga : Lotim Cari Pemuda Pelopor 2021, Ini Syaratnya

Saifudin menambahkan, antusiasme pemuda pada tahun ini lebih meningkat, jika mengacu pada jumlah penduduk Lombok Timur, mengingat dibandingkan dengan tahun 2020, terdapat 25 pemuda yang mengikuti kompetisi, sedangkan tahun 2021 yang sudah sebanyak 26 pemuda.

“Kami berkeyakinan antusiasme masyarakat masih tinggi, dan sampai saat ini pendaftaran masih kami buka,“ ujarnya.

Lebih jauh Saifudin berharap Pemuda Pelopor tahun ini akan bertambah dari segi jumlah, segi kualitas serta dapat menyalurkan kepeloporannya ke masyarakat secara luas.

“Kami berharap agar tahun ini Pemuda Pelopor bertambah dari segi jumlah dan kualitasnya karena Pemuda Pelopor nantinya akan menjadi acuan pemuda yang lainnya,“ pungkasnya.