Selasa, Mei 28, 2024

Gugur Saat Perang Puputan Klungkung, Ida Dewa Agung Jambe Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Ida Dewa Agung Jambe Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

Jakarta – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November, seorang tokoh Bali, Ida Dewa Agung Jambe memperoleh Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Tahun 2023 dari Presiden RI Ir. Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (Sukra Kliwon, Bala) 10 Nopember 2023.

Ida Dewa Agung Jambe yang pada masanya merupakan Raja Klungkung dianugerahkan gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres)  Nomor 115/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional yang ditetapkan di Jakarta, pada tanggal 6 November 2023.

Penganugerahan gelar tersebut di terima oleh Ida Dalem Semara Putra, yang merupakan ahli waris Ida Dewa Agung Jambe. Dan turut di dampingi oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya.

“Kami selaku Pemerintah Provinsi Bali dan mewakili segenap masyarakat Bali mengucapkan terimakasih atas penganugerahan gelar Pahlawan Nasional ini. Tentunya penganugerahan ini menjadi satu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bali. Di saat tokoh yang benar-benar berjasa terhadap tanah kelahiran kita (Bali) mendapat pengakuan oleh Negara. Semoga ke depan ini menjadi motivasi bagi kita dan generasi-generasi muda penerus Bali, untuk terus berbuat yang lebih baik untuk kemajuan Bali,” ungkap S. M. Mahendra Jaya yang di temui seusai acara.

Berdasarkan kutipan Keppres Nomor 115/TK/Tahun 2023 yang di bacakan oleh Sesmilpres Laksamana Muda TNI Hersan, gelar Pahlawan Nasional di anugerahkan “sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya yang luar biasa, yang semasa hidupnya pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa”.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments