Kamis, Februari 22, 2024

Kodim 1609/Buleleng Raih Juara 3, Pangdam IX/Udayana Nobar Live Streaming

Jakarta l Barbareto news.com – Kelurahan Kampung Baru yang terletak di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, meraih peringkat 3 kategori Kota, dalam Lomba Kampung Pancasila tahun 2023. Raihan tersebut diumumkan dalam acara Penghargaan Kasad Pada Lomba Kampung Pancasila dan Dialog Kebangsaan Tahun 2023 yang digelar di Aula Nasution, Mabesad, Jakarta.

Acara yang dilaksanakan pada Jumat (8/12/2023) malam tersebut juga turut disaksikan secara Live Streaming oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, beserta Staf di Lobby Makorem 163/WSA, Jalan PB. Sudirman, Kelurahan Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

Dalam sambutannya, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir dalam pemberian juara kepada para peserta Lomba Kampung Pancasila yang telah terselenggara dengan baik.

“Saya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat sangat mengapresiasi setinggi tingginya atas terselenggaranya Lomba Kampung Pancasila ini. Kami siap untuk terus mendukung Program-program terkait Pancasila. Selamat kepada seluruh pemenang Lomba Kampung Pancasila, semoga bisa ditingkatkan dan menjadi contoh dalam penerapan nilai luhur Pancasila di daerah lainnya,” pungkas Kasad.

Kampung Pancasila menjadi fokus utama dalam upaya membangun dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dari Sila 1 hingga Sila 5 di berbagai desa dan kota di seluruh Indonesia. Pembentukan kampung-kampung Pancasila diharapkan mampu membentuk dan memperkuat karakter serta kerukunan umat beragama, sehingga mampu meningkatkan rasa persatuan dan keamanan di masyarakat.

Sebagai peraih juara 3 kategori wilayah perkotaan, Kampung Baru telah mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang memiliki keunikannya tersendiri. Kampung ini memiliki keberagaman kompleks dan lengkap dalam aspek sejarah serta keberagaman agama. Secara historis sejarah sudah berlangsung dari mereka ada awal mula di Bali dan bukan hanya orang Bali yang ada di kampung ini.

Kelurahan Kampung Baru yang merupakan wilayah binaan Kodim 1609/Buleleng tersebut sebenarnya menjadi etalase mini atau dunia kecil untuk kehidupan keberagaman yang maha bahagia. Disini hidup warga dengan berbagai etnis, mulai dari Hindu, Islam, Budha, dan Konghucu. Keberagaman etnis di daerah Kampung Baru memberikan bukti bahwa Buleleng adalah etalase mini keberagaman Indonesia.

Kehidupan di Kampung Baru dikatakan sangat rukun dan damai sejak dari jaman Sunda Kecil. Meskipun banyak perbedaan, masyarakat tidak pernah ada masalah satu sama lain. Masyarakat yang ada di wilayah Kampung Baru memiliki toleransi yang sangat tinggi. Tingginya nilai toleransi di wilayah Kampung Baru bisa dilihat dari aktivitas masyarakat dan saat ada perayaan Hari Raya umat beragama. (*)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments