More
    BerandaLombok BaratMahasiswa KKN Tematik UNRAM Desa Bukit Tinggi Gelar Sosialisasi Pengemasan dan Pemasaran...

    Mahasiswa KKN Tematik UNRAM Desa Bukit Tinggi Gelar Sosialisasi Pengemasan dan Pemasaran Produk Unggulan

    barbareto.com | Desa Bukit Tinggi merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Gunungsari kabupaten Lombok Barat. Desa Bukit Tinggi berada di sebelah timur kecamatan Gunungsari dengan jarak tempuh dari kecamatan 9,9 km. Jarak dari kota kabupaten 23 km dan jarak dari kota provinsi 14 km.

    Desa Bukit Tinggi memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai terutama dalam bidang pertanian, contohnya yaitu pohon nira dan pisang. Masyarakat Desa Bukit Tinggi hampir 90% mengolah air nira menjadi gula merah atau gula aren. Kemudian gula merah tersebut mereka jual ke pasar dengan kemasan yang masih sederhana sehingga membuat nilai jual dari gula merah tersebut sangatlah rendah..

    Oleh karena itu, KKN Tematik UNRAM bersama Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengadakan sosialisasi tentang pengemasan dan pemasaran produk unggulan Desa Bukit Tinggi.

    Dimana dalam sosialisasi tersebut pemateri akan memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang bagaimana cara pengemasan yang menarik sehingga produk dari gula merah tersebut bisa meningkatkan nilai jual dan ketika di pasarkan akan laris.

    Dinas Koperasi Provinsi NTB mengutus 2 perwakilan untuk memberikan materi, dimana untuk pengemasan langsung diwakili oleh bapak Hilmawan Zamani, S.Status., dan untuk pemasaran diwakili oleh bapak Fiqri Kurniawan, S.Km.

    Baca juga : Mahasiswa KKN Desapreneur UNRAM Branding Kopi Robusta Kelompok Tani Mule Jati

    Pengemasan merupakan suatu sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang agar siap untuk di transportasikan didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai. Sedangkan cara untuk merancang atau membuat penyimpanan dan pembungkus suatu produk yang dapat berupa botol. Kotak, kaleng, beserta pembungkus disebut dengan kemasan.

    “Dalam melakukan pengemasan suatu produk kita harus bisa memilih mana kemasan yang sekali pakai dan bisa di pakai berulang kali. Untuk contoh kemasan sekali pakai adalah PE/PE/PETE yang digunakan dalam kemasan soft drink,” kata pak Hilmawan, selaku pemateri pengemasan dari Koperasi dan UMKM.

    Pemasaran adalah aktivitas atau proses menciptakan, mengomunikasikan menyampaikan dan mempertukarkan tawaran yang bernilai tinggi bagi pelanggan, klien, mitra dan masyarakat umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginana manusia.

    “Pemasaran dapat dilakukan secara langsung atau tatap muka, selain itu pemasaran juga dapat dilakukan secara online. Di zaman serba online seperti saat ini pemasaran online nampak jauh lebih menguntungkan dibandingkan pemasaran tradisional apalagi hampir setiap hari semua orang pasti menggunakan internet. Pemasaran secara online dapat melalui aplikasi shopee, whatsapp dan marketpalce lainnya,” kata pak Fikri Hilmawan, S.Km., selaku pemateri pemasaran dari Koperasi dan UMKM.

    Barbareto
    Barbareto
    Informatif dan Menginspirasi

    Latest articles

    spot_img

    Related articles