Senin, Mei 27, 2024

Mahfud MD Resmi Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Barbareto NewsMahfud MD akhirnya diumumkan sebagai Bakal Calon Wakil Presiden untuk mendampingi Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

Pengumuman tersebut oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, di Kantor DPP PDI-Perjuangan di Jakarta Pusat, Rabu, 18 Oktober 2023.

“Maka Calon Wakil Presiden dari Ganjar Pranowo adalah Prof. Dr. Mahfud MD,” ucap Megawati

Selain Mega, tampak hadir dalam pengumuman tersebut pimpinan parpol koalisi pendukung, yakni Plt Ketua Umum PPP, M. Mardiono, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang serta Capres, Ganjar Pranowo.

Partai Pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD terdiri dari PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura.

Mahkamah Konstitusi

Sementara itu, di Koalisi Indonesia Maju peluang Gibran Rakabuming Raka menjadi cawapres pendamping Prabowo Subianto menguat, pasca Mahkamah Konstitusi mengabulkan uji materi soal batas usia capres dan cawapres pada Senin kemarin, 16 Oktober 2023.

MK mengabulkan gugatan yang diajukan oleh mahasiswa Universitas Surakarta bernama Almas Tsaqibbirru Re A.

Dalam putusannya, MK menilai batasan usia minimal 40 tahun bagi capres dan cawapres melanggar undang-undang dasar sepanjang tidak di maknai berusia paling rendah 40 (empat puluh) tahun atau pernah/sedang menduduki jabatan yang di pilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah.

Keputusan itu membuat Gibran Rakabuming bisa ikut bertarung pada Pilpres 2024. Pasalnya, Gibran yang saat ini masih berusia 36 tahun menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Nama Gibran sendiri, sudah santer terdengar akan menjadi pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan. Dalam satu dua hari ke depan. Prabowo dan para ketua umum partai anggota Koalisi Indonesia Maju akan menanyakan kesediaan Gibran untuk menjadi cawapresnya.

Partai Koalisi Indonesia Maju terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, Gelora, Garuda, Beringin Karya, dan Prima.

Kemudian, di kubu Koalisi Perubahan yang mengusung pasangan Bacapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, berencana akan mendaftar ke KPU RI pada Kamis, 19 Oktober 2023 sebagai pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024.

Partai pengusung Anies-Muhaimin terdiri dari Partai NasDem, PKB, PKS, dan partai Ummat.

Follow kami di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments