Rabu, Februari 21, 2024

Maksimalkan Fungsi E-Berpadu Panitera PN Selong Kunjungi Lapas Kelas IIB Selong

Lombok Timur, barbareto.com – Dalam rangka memaksimalkan fungsi aplikasi e-Berpadu, Panitera Pengadilan Negeri Selong, Lalu Zainun bersama panitera muda pidana Rawhin melakukan koordinasi ke Lapas Kelas IIB Selong Kanwil Kemenkumham NTB dan diterima langsung oleh Kasi Binadik dan Giatja, Nasruddin, rabu (31/01).

Aplikasi e-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dipergunakan untuk pengolahan dan pertukaran dokumen administrasi perkara pidana yaitu pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, permohonan izin/persetujuan penyitaan secara elektronik, permohonan izin/persetujuan pengeledahan secara elektronik, perpanjangan penahanan secara elektronik, permohonan izin pembantaran, permohonan izin besuk secara elektronik, penetapan diversi, permohonan izin pinjam pakai barang bukti dan sebagainya.

Lalu Zainun menyampaikan bahwa adanya aplikasi E-Berpadu ini dapat memudahkan koordinasi dan pelayanan antar aparat penegak hukum atau antar Instansi. “Adanya aplikasi e-Berpadu akan mempercepat pelayanan atau mengoptimalisasi tata kelola administrasi penanganan perkara tindak pidana secara terpadu berbasis teknologi informasi,” ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kasi Binadik dan Giatja, Nasruddin beserta jajaran menyatakan siap mendukung penuh penerapan aplikasi E-Berpadu yang akan ditetapkan oleh Pengadilan Negeri Selong sesuai arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reinhard Silitonga bahwa setiap Lapas/Rutan agar tetap bersinergi dengan APH terkait dalam pelaksanaan tugas.

“semoga dengan adanya aplikasi E-Berpadu dapat tercipta efektivitas dan efisiensi layanan perkara pidana sehingga dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” ungkapnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments