Selasa, Mei 21, 2024

Mengabdi Tanpa Batas, FORMASTIM Gelar Program Zero Waste di Pantai Labuhan Haji

Lombok Timur-NTB. BARBARETO – Puluhan Mahasiswa dari berbagai Almamater yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Lombok Timur (FORMASTIM) menggelar kegiatan Zero Waste dibeberapa titik bibir pantai Labuhan Haji, kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu, (04/04/21) ini bertempat di lokasi wisata bahari Pantai Labuhan Haji.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Satgas Zero Waste DLHK provinsi NTB, Babinsa Labuhan Haji dan puluhan Mahasiswa Formastim. Kegiatan mahasiswa ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada para wisatawan yang berkunjung untuk selalu menjaga lingkungan, terlebih lokasi wisata harus bebas dari sampah. Kegiatan ini sekaligus bentuk kontribusi Mahasiswa/i Formastim untuk daerah Lombok Timur.

Sementara itu pengarahan diberikan oleh Satgas Zero Waste DLHK Provinsi NTB dalam hal ini, Jamal Islam mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi program besar DLHK, yaitu Zero Waste dan NTB Lestari.

“Harapannya kegiatan-kegiatan seperti zero waste ini nantinya banyak dilaksanakan oleh komunitas mahasiswa lainnya, kami juga telah berencana akan melakukan kerja sama dengan pihak kampus yang ada di NTB ini untuk nantinya bisa berkolaborasi,” ucapnya.

“Sesungguhnya Zero Waste bukan berarti tidak ada sampah, namun NTB Zero Waste itu adalah bagaimana masyarakat pada umumnya mampu dalam mengelola sampah, bagaimana memandang sampah itu belum terkelola sama sekali, setiap masyarakat harus mampu melakukan pengelolaan sendiri, dengan adanya program Zero Waste diharapkan mampu mengurangi permasalahan sampah yang ada di NTB,” lanjut Jamal.

“Melalui pembuatan lubang biopori nantinya selain mengurangi sampah, juga bisa diolah sebagai pabrik kompos untuk masyarakat dan bisa menjadi penyerap air untuk mengurangi resiko banjir, kegiatan serupa seperti ini juga sudah menjadi program DLHK Kab. Lombok Timur yang disebut dengan program Desa suadaya kebersihan (Padesuka) yang dimana pihak Desa diberikan keleluasaan untuk mengelola sampahnya sendiri sehingga penanganan sampah bisa diatasi melalui lingkup Desa,” tambah Jamal.

Dalam sambutanya, Ketua Umum FORMASTIM, Ade Putra Kurniawan menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa untuk membangun Daerah Lombok Timur, dengan menjalankan program Zero Waste dan Hangout Formastim dari Departemen Sosial Lingkungan (Sosling) dan Penyemangat Sumber Daya Manusia (PSDM).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan murni yang diinisiasi oleh Forum mahasiswa Lombok Timur, selain bentuk kontribusi dan kepedulian kami terhadap daerah guna sama-sama membangun Lombok Timur ke arah yang lebih baik,” tegas Ade.

Lebih lanjut Ade menyampaikan, “Harapan kami ke depan selain bisa melaksanakan kegiatan ini berkesinambungan diberbagai tempat lainnya, telebih tempat wisata guna memancing para wisatawan untuk berkunjung, kami juga sangat berharap kepada Pemerintah supaya memberikan kami dukungan baik materi maupun non materi, supaya bisa lebih maksimal lagi kegiatan ini” tutup Ade selaku Ketua Umum FORMASTIM.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments