Selasa, Maret 5, 2024

Profesor Gde Antara Dari Fakultas Teknik UNUD Terpilih Sebagai Rektor, Dominasi Kepemimpinan Kini Beralih

barbareto.com | Badung – Dominasi tongkat Kepemimpinan di Universitas Udayana (Unud), akhirnya “pecah telur”. Setelah sebelumnya selama bertahun-tahun, pucuk pimpinan Unud dipegang oleh kalangan dari Fakultas Kedokteran, kali ini, Rektor Unud dipimpin Profesor dari Fakultas Teknik.

Adalah Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., berhasil terpilih sebagai rektor Unud masa bakti 2021-2025 dengan berhasil meraup sebanyak 81 suara dari total 122 suara, jauh mengungguli dua lawannya dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian.

Hasil itu diraih setelah melalui putaran final pemilihan Rektor Unud, Selasa (6/7). Proses pemilihan ini, menurut ketua panitia Pemilihan Rektor Prof.Dr.Ir. I Gede Mahardika, M.S., pemilihan rektor yang sedianya digelar secara hybrid, akhirnya digelar secara online dari kediaman masing-masing. Hal itu kata dia dilakukan mengingat saat ini sedang diberlakukan PPKM Darurat, untuk menghindari kerumunan.

“Karena situasi PPKM darurat, kita tidak boleh berkumpul sehingga syarat dari kementerian, pemilihan dilakukan secara online,” katanya saat dikonfirmasi.

Tata cara pemilihan kata Prof Gede Mahardika, dilakukan dengan sistem e-voting. Yang mana setiap anggota senat sudah memiliki akun masing-masing untuk memilih. Disana kata dia, ada pilihan untuk pemilihan rektor yang dikemas seperti surat suara. Dari sana, anggota senat tinggal mengklik salah dari foto yang tertera di surat suara digital itu.

“Dalam pemilihan ini, masing-masing anggota senat hanya memiliki kesempatan satu kali untuk memilih. Setelah selesai memberikan hak suaranya, mereka tidak bisa lagi untuk memilih, karena tombol sudah terkunci,” bebernya.

Proses pemilihan yang dimulai mulai pukul 10.00 wita, diawali dengan rapat senat yang dibuka oleh ketua senat. Dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib oleh ketua panitia dan presentasi dari masing-masing calon. Setelah itu barulah dilakukan penentuan absensi kehadiran anggota senat, penentuan suara menteri dan dilanjutkan dengan pemilihan.

Pada pemilihan ini lanjut Prof Gede Mahardika, jumlah total pemilih ada sebanyak 122 orang dengan rincian, 79 anggota senat dan 43 perwakilan dari kementerian. Dikatakan, semua proses pemilihan sudah berjalan dengan baik tanpa adanya kendala, meski persiapan untuk sistem online dilakukan hanya 3 hari saja, karena adanya PPK Darurat. Melalui pemilihan secara online ini, pihaknya menjamin pelaksanaan berjalan secara Jurdil serta kerahasiaan terjamin.

Adapun hasil pemilihan ini menetapkan Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng calon nomor urut 2 dari Fakultas Teknik sebagai Rektor Unud masa bakti 2021-2025 dengan total raihan suara 81. Sementara Calon no urut 1 atas nama Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran meraih suara sebanyak 31 dan Nomor urut 3 Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian meraih sebanyak 10 suara. (**).

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments