Rumah Warga Pesisir Ekas Buana Tetap Akan Direlokasi

0
113
Rumah Warga Pesisir Ekas Buana Tetap Akan Direlokasi
Foto : Kepala Dinas Perkim Lotim, Purnama Hady.

barbareto.com | Pemerintah Daerah Lombok Timur melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kembali akan merelokasi rumah warga yang berada di pesisir pantai yang berlokasi di Ekas Buana Kecamatan Jerowaru, langkah ini dilakukan guna menjaga masyarakat dari luapan air laut (Banjir Rob).

Kepala Dinas Perkim Lotim, Purnama Hady Menjelaskan, sebanyak 63 unit nantinya akan dibangun rumah yang agak jauh dari permukaan laut melalui karya bakti skala besar dengan melibatkan TNI, dimana sejak tahun 2022 terdapat 30 unit rumah yang sudah dibangun sementara sisanya akan dibangun tahun ini.

“Jadi untuk keseluruhan sejak 2021, 30 unit sudah dibangun, sehingga untuk 2022 ini tersisa tinggal 33 yang belum dibangun,” jelasnya Senin (18/02/2022).

Baca juga : Wabup Rumaksi Buka Festival Balap Sampan

Di samping untuk menghindari Banjir Rob lanjut Purnama, relokasi tersebut juga memiliki urgensi dengan langkah Pemerintah dalam pemulihan ekonomi, mengingat pengerjaan tersebut melalui sistem swakelola kepada masyarakat, terlebih lagi di tempat tersebut ada beberapa OPD yang memang akan membangun beberapa fasilitas di wilayah itu.

“Kalo kami hanya fokus ke perumahan saja, akan tetapi disana juga banyak OPD yang memang sedang membangun fisik di Ekas Buana,” tambahnya.

Masih kata Purnama, relokasi tersebut tidak hanya berdampak terhadap kondisi kawasan, akan tetapi berdampak juga terhadap kemudahan akses masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan untuk melakukan aktivitasnya dalam penangkapan ikan setelah dilakukan relokasi.

“Lahan ex tempat mereka tinggal ini tentunya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memarkir sampan dan sebagainya,” paparnya.

Lebih lanjut Purnama menjelaskan, relokasi tersebut diperkirakan akan rampung dalam waktu dua bulan ke depan, dengan harapan bulan Agustus mendatang rumah tersebut bisa di huni, mengingat sumber anggaran relokasi itu dari Pemerintah Daerah serta TNI