Polresta Mataram

Tahapan Sensus Lapangan Selesai, BPS Lanjutkan ke Tahap Entri Data

Lombok Timur-NTB. BARBARETO – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lombok Timur Lalu Putradi menyatakan jika sensus penduduk di lapangan tahun ini sudah berakhir. BPS selanjutnya akan melakukan entri data terhadap semua data yang dikumpulkan para petugas sensus. Dalam melakukan penginputan data tersebut, BPS merekrut petugas sebanyak 61 orang yang akan bertugas menginput data 24 jam selama satu bulan.,” BPS menargetkan penginputan data akan rampung akhir november 2020,” Terangnya.

Putradi menambahkan, 61 orang petugas ini nantinya terbagi dalam dua waktu yakni siang dan malam. Pergantian waktu ini dilakukan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana yang ada di kantor BPS. Diakuinya untuk kebutuhan computer,BPS melakukan peminjaman ke provinsi sebanyak 20 unit dan beberapa peralatan pendukung lainnya.

“Apabila BPS sudah menyelesaikan pengimputan data di kabupaten, maka data tersebut akan dikirim dan diverifikasi oleh provinsi untuk disandingkan dengan data sebelumnya.” Imbuhnya.

Lebih jauh Putradi menjelaskan, Pelaksanaan BPS ini sendiri dilakukan empat tahun sekali untuk menentukan jumlah dan penyebaran penduduk per RT. BPS melakukan sensus penduduk wawancara pada september lalu dengan melibatkan seribu 105 petugas yang diterjunkan ke lapangan.,”Sebelum diterjunkan semua petugas menjalani rapid tes untuk meminimalisir penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Open chat
%d blogger menyukai ini: