Tidak Hanya Pembatasan Usia, Kuota Haji Juga di Pangkas

0
138
Tidak Hanya Pembatasan Usia, Kuota Haji Juga di Pangkas
Foto : Kepala Seksi Haji, Kemenag Kabupaten Lombok Timur, Hj. Baiq Isniarti.

barbareto.com | Menteri Agama, Yaqut Colil Qoumas baru-baru ini menyampaikan kuota haji yang diberangkatkan pemerintah indonesia sebanyak 100.051.

Hal tersebut Menyusul kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi hanya 50 persen.

Kepala Seksi Haji, Kemenag Kabupaten Lombok Timur Hj. Baiq Isniarti menjelaskan, pemangkasan ini dilakukan menyusul pengurangan kuota jamaah haji Indonesia menjadi 110.000 orang.

Dengan demikian masing-masing Provinsi juga hanya di berikan kuota 50 persen dari daftar tunggu yang tersedia.

“Pembatasan ini kan dari tuan rumahnya sendiri yakni Arab Saudi, sehingga mau tidak mau kita pun akan membatasi jamaah yang berangkat dari total daftar tunggu sebanyak 808, menjadi 325 jamaah saja,” jelasnya Senin (25/4/2022).

Di setiap provinsi lanjut Isniarti, ada pemangkasan kuota menjadi 50 persen, maka dari itu dari total 808 jamaah yang ada di daftar tunggu Kemenag Lombok Timur, untuk tahun ini hanya 325 saja yang bisa di berangkatkan, adapun cadangan sebanyak 78 jamaah.

Masih Kata Isniarti, jumlah tersebut diluar dari jumlah jamaah yang kena pembatasan usia dia atas 65 tahun.

Baca juga : Batas Usia Jamaah Haji 65 Tahun, Begini Tanggapan Kemenag Lotim

Adapun jumlah jamaah yang umurnya diatas 65 tahun dari 20 kecamatan di Lombok Timur sebanyak 174 jamaah.

Angka yang ada masih bisa berubah, dan sedang di upayakan oleh Kemenag untuk penambahan kuotanya.

“Angka yang per Provinsi masih kembali akan di hitung, dan di bagi sesuai proporsi, dan kita usahakan ada paling tidak penambahan sekian persen,” paparnya.

Sebelumnya, di Lombok Timur sendiri dari 20 Kecamatan, Masbagik adalah Kecamatan yang paling banyak kuota hajinya yakni 105 jamaah, sedang terendahnya itu di Sembalun hanya 3 jamaah yang akan di berangkatkan.

Untuk keberangkatannya sendiri nanti kloter pertama akan masuk asrama pada tanggal 3 Juni, dan kemudian akan di berangkatkan tanggal 4 Juni 2022 mendatang.

Dikarenakan tahun ini menjadi kali pertama Indonesia akan memberangkatkan jamaah untuk haji, setelah dua tahun lamanya tidak memberangkatkan jamaahnya.

“Para jamaah haji kloter pertama akan diberangkatkan Juni mendatang,” bebernya.

Sadar akan banyaknya jemaah yang tidak bisa berangkat dengan cepat, dirinya menyampaikan agar jamaah yang tak kebagian kuota agar tidak berkecil hati.

“Haji adalah rahasia Ilahi, karna biarpun sudah kesiapannya lengkap, tergantung dari rencana Tuhan kedepannya, tetap doakan daja yang terbaik,” pungkasnya.