Senin, Februari 26, 2024

TOSS Center Dijadikan Tempat Diklat Peningkatan Kapasitas Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS)

BARBARETO.com, Semarapura – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menghadiri Pelantikan dan Diklat Peningkatan Kapasitas Jaringan Jurnalis Peduli Sampah (J2PS) di Toss Center, Karangdadi Klungkung, Sabtu (29/10).

Hadir langsung Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung, I Ketut Suadnyana dan undangan terkait lainnya.

Bupati Suwirta mengucapkan terimakasih kepada J2PS yang sudah mendeklarasikan TOSS Center Gema Santi sebagai tempat pembelajaran peningkatan kapasitas jaringan jurnalis peduli sampah.

Bupati Suwirta menceritakan awal berdirinya TOSS Center hingga sekarang ini.

“Kunci utama keberhasilan mengatasi permasalahan sampah yakni pemilahan dari rumah,” ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya juga menambahkan TOSS Center ini metote pengolahan sampah yang mengedepankan prilaku masyarakat untuk memilah sampah dari rumah.

“50 persen memilah sampah dari rumah sudah dilakukan, maka 50 persen pemilihan sampah sudah selesai. Tugas kita adalah mengejukasi masyarakat agar taat memilah sampah dari rumah,” Tegas Bupati Suwirta

Laporan Ketua J2PS Bali, Agustinus Apollonaris Klas Daton mengatakan J2PS ini merupakan wadah pertama kalangan jurnalis/wartawan di Provinsi Bali bahkan mungkin di Indonesia yang peduli terhadap sengkarut problematika sampah yang berkepanjangan.

“Kini kami dilantik sekaligus menjalankan salah satu program kerja yakni Pendidikan dan Pelatihan untuk memberi pemahaman dan perspektif yang lebih luas kepada teman teman jurnalis tentang regulasi dan pengelolaan sampah,” ujar Agustinus Apollonaris

Dirinya menambahkan Tag line J2PS saat deklarasi “Jurnalis Bangkit Mengawal Sampah, Menuju Indonesia Merdeka Sampah” memang begitu ideal.

Merdeka sampah bukan berarti kita bebas dari sampah. Sepanjang ada peradaban, sampah selalu ada. Namun yang terpenting bagaimana kita bijak mengelolah sampah agar alam tidak tercemar dan tidak menebar bau busuk kemana mana.

Lebih lanjut acara hari ini selain pelantikan pengurus J2PS masa bakti 2022-2005 juga dirangkaikan diklat dengan tema “Pemahaman Jurnalis Terhadap Regulasi dan Pengelolan Sampah”.

Diklat ini tidak hanya diikuti oleh pengurus J2PS namun mengikutsertakan 35 wartawan media nasional dan lokal dari berbagai organisasi yakni: PWI, AJI, SMSI, ITI dan AMSI.

Ada tiga pembicara yang membawa materi pada diklat hari ini, pertama: Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali yang memaparkan tentang “Regulasi dan Implementasi Penanganan dan Pengelolaan Sampah”.

Praktisi dan Pelaku Daur Ulang: “Peranan Pelaku Daur Ulang Membantu Pengelolaan Sampah Melalui Ekosistem Tata Kelola Sampah” Dari IPRO: Peran Pemangku Kepentingan Dalam Berkontribusi untuk Pengelolaan Sampah.tra

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments