Selasa, Maret 5, 2024

Warga Saba Keluhkan Keberadaan Kandang Ayam

Lombok Tengah – Masyarakat Desa Saba, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah, mengeluhkan keberadaan kandang ayam yang terlalu dekat dengan pemukiman warga setempat.

“Kami keluhkan kandang ayam yang terlalu dekat dengan rumah warga di sini,” ungkap salah seorang warga Dusun Jembe Timur, Desa Saba yang enggan disebut namanya. (29/11/23)

Selain menimbulkan dampak bau tak sedap, menurutnya, kandang ayam yang terlalu dekat dengan rumah warga juga dapat menimbulkan dampak lingkungan dan kesehatan.

“Bayangkan saja, setiap hari lalat-lalat berterbangan ke dalam rumah warga di sini, lalat-lalat inilah yang sangat mengganggu aktivitas keseharian kami,” ucapnya.

Maka dari itulah, Ia dan warga sekitar meminta kepada pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Saba agar menegur pemilik kandang tersebut. Karena jika dibiarkan, maka akan berdampak pada kesehatan masyarakat.

“Mungkin agak tidak enak kalau kami sebagai warga yang menegur langsung pemilik kandang itu, maka dari itulah kami meminta pihak Desa supaya menyelesaikan masalah ini agar tidak berlarut-larut ke depannya,” pinta warga setempat.

Merespon keluhan warganya, Kepala Desa (Kades) Saba, Saprudin, mengatakan sampai saat ini belum ada masyarakat Desa Saba yang melaporkan secara langsung mengenai keberadaan kandang ayam yang tersebar di beberapa Dusun di Desa Saba.

“Belum ada laporan, cobak nanti saya tanyakan ke kadusnya dulu ya. Karena kadusnya belum menyampaikan ini, cobak nanti tiang (saya – red) konfirmasi dulu ya,” ujar Kades.

Ia juga mengetahui keberadaan kandang ayam yang tersebar di tiga Dusun dari 10 Dusun yang ada di Desa Saba. Adapun kandang ayam yang tersebar di tiga Dusun itu berlokasi di Dusun Jembe Timur, Dusun Melati, dan Dusun Majeye.

“Itu beda-beda pengusahan yang punya, kebetulan kami juga mau rapat besok, cobak besok saya sampaikan ke pak kadusnya supaya lebih jelas,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu pengusaha pemilik kandang ayam yang berlokasi di Dusun Jembe Timur inisial I, belum bisa dikonfirmasi terkait dengan persoalan ini. Saat media ini meminta keterangan, I enggan merespon. (gok)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments