Waspada!, Panggilan Test Calon Pegawai PLN Ternyata Penipuan

3
528
Waspada!, Panggilan Test Calon Pegawai PLN Ternyata Penipuan
Foto : Surat Panggilan Test Calon Pegawai PLN Palsu

barbareto.com | Manajer Komunikasi PT. PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Made Arya menegaalskan, surat panggilan untuk mengikuti test calon pegawai PLN yang disebutkan dalam surat tersebut diadakan di Kantor PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, Jl. Letda Tantular No. 1, Denpasar pada Sabtu dan Minggu 09-10 April 2022 pukul 10:00 – selesai, adalah HOAX.

“Hoax alias tidak benar itu,” kata I Made Arya melalui pesan singkat WhatsApp kepada media, Kamis (07/04/2022) selepas buka puasa.

Menurut I Made Arya, PLN Group memang melakuian rekrut calon pegawai namun semua prosesnya dilakukan secara online.

Untuk meyakinkan media ini, I Made Arya kemudian mengirim flayer informasi resmi lowomgan kerja yang dikeluarkan oleh PT. PLN (Persero), yakni rekrutmen Prohire PLN Group, PT. Indonesia Comnets Group untuk S1/D-4.

Dari informasi resmi ini, profesi/jurusan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut: Accounting Manager/S1 Bisnis/Niaga.

Lowongan berikutnya adalah Business Partnerahip/S1 Telekominikasi dan S1 Teknik Elektro khusus konsentrasi Telekomunikasi.

Terakhir, profesi/jurusan yang dibutuhkan adalah Network Infrastructure Planning and Architecture/D1 Teknik Informarika.

Periode pendaftaran adalah 28 Maret – 01 April 2022 dan dilakukan secara online serta tanpa dipungut biaya apapun.

Informasi resmi ini sangat jauh berbeda dengan lowongan yang dikeluarkan oleh para penipu.

Mereka membuka lowongan untuk SMA/SMK, D3, D4 dan S1 untuk dua kategori profesi yakni profesi teknik dan profesi non teknik.

Untuk peofesi teknik yang dibutuhkan adalah operator/teknisi, teknik mesin, teknik sipil dan teknik listrik.

Sedangkan profesi non teknik yang dibutuhkan adalah tenaga administrasi, call center, customer service, manajemen dan sekretaris.

Celakanya, para pelamar mendapat surat panggilan untuk mengikuti test di kantor PT. PLN Unit Induk Distribusi Bali, Denpasar selama dua hari (9 – 10 April 2022).

“Bersama panggilan ini, Anda dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti kegiatan test Lokasi Kota Denpasar,” demikian copy paste penggalan surat panggilan tersebut yang seolah-olah dikeluarkan di Jakarta, 7 April 2022 oleh mereka yang menamakan diri Tim Rekrutmen PLN.

Baca juga : Polda NTB Berikan Atensi Serius Informasi Penipuan Penjualan Tiket MotoGP Online

Menariknya, mereka yang dipanggil baik pelamar dari Denpasar dan sekitarnya maupun dari luar Bali diwajibkan menginap di hotel dan diantar jemput oleh Angkasa Putra Tour & Travel, lengkap dengan mencantumkan nama dan nomor kontak penanggung jawab Angkasa Pura Tour & Travel saudari Faradiba Gusman : 081342397378.

Peserta dari luar Bali wajib membeli tiket pesawat PP melalui travel ini.

Bagaimana tanggapan Angkasa Pura Tour &Travel soal penipuan ini?.

Faradiba Gusman yang dikontak tak menjawab. Tetapi ketika dipancing bahwa mau memesan tiket pesawat dan hotel barulah dia respon.

Melalui pesan WhatsApp, Faradiba kemudian mengirim persyaratan pesan tiket dan hotel, persis seperti tetcantum dalam surat panggilan test.

“#Biaya untuk sementara ditanggung oleh peserta dan akan di gantikan setibanya di Denpasar Bali,” demikian akhir pesan Faradiba Gusman (copy paste sesuai aslinya).

Ketika disampaikan bahwa media ini sudah melakukan konfirmasi ke Humas PLN Bali dan menyatakan bahwa itu adalah penipuan, Faradiba hanya baca saja tanpa komentar.

Begitu juga media ini coba korek lagi, beberapa pelamar yang sudah booking tiket pesawat dan hotel, dia hanya baca saja.

Patut diduga, Faradiba Gusman adalah bagian dari komplotan para penipu ini. (rsn/b)