Kamis, April 11, 2024

Aster Kasad Kunjungi Lokasi Kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem

Aster Kasad Kunjungi Lokasi Kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem
Aster Kasad Kunjungi Lokasi Kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem

barbareto.com | Amlapura – Aster Kasad, Mayjen TNI Nurcahyanto melaksanakan kunjungan kerja ke Lokasi TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi Kec. Selat, Kab. Karangasem pada Jumat (25/06/21).

Pada Awal kegiatan kunjunganya Aster Kasad Mayjen TNI Nurcahyanto menerima Hormat Jajar, di Makodim 1623/Karangasem, dan disambut oleh Danrem 163/WSA Brigjen TNI Husein Sagaf, S.H., Bupati Karangasem, I Gede Dana, S.Pd., M.Si., Kapolres Karangasem Ni Nyoman Suartini, S.I.K., M.M., Tr., Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf Bima Santosa, Kajari Karangasem, Haji Kalbu Pribadi, S.H., Aster Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf I Made Mahaparta, S.I.P., Kasiter Korem 163/WSA, Kolonel Inf Iwan Sopyan, Sekda Kabupaten Karangasem, I Ketut Sedana Merta, S.T., M.T., Kasdim 1623/Karangasem, Mayor Inf. Puji Wulioyono, Perwira Staf Kodim 1623/Karangasem, Danramil Jajaran Kodim 1623/Karangasem, Perbekel Sebudi, Kecamatan Selat, I Nyoman Tinggal, dan Bendesa Adat Bukit Galah, Putu Suyasa.

Aster Kasad Kunjungi Lokasi Kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem
Aster Kasad Kunjungi Lokasi Kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1623/Karangasem

Dalam sambutanya Bupati Karangasem I Gede Dana, S.Pd.,M.Si, menyampaikan.

“Selamat datang dan Ucapan terimakasi atas kehadiran Aster Kasad di Wilayah Kabupaten Karangasem, dan tentunya kami sangat berharap selain kegiatan TMMD setiap tahun agar ada kegiatan lain dengan TNI (Kodim 1623/Karangasem), misal  pembangunan skala lintasan sungai yang nilainya ratusan juta mengingat masih banyak jalan-jalan di pedesaan yang di aliri aliran sungai sehingga pada saat musim hujan tidak bisa dilalui karena banjir, untuk di ketahui Bentuk geografis Wilayah Kabupaten Karangasem merupakan perbukitan dan banyak terdapat sungai yang terdiri dari 8 Kecamatan, 78 Desa Kelurahan dengan jumlah penduduk 495.000 jiwa, dan Terkait pandemi Covid-19 untuk Vaksinasi sampai saat ini masyarakat Kabupaten Karangasem telah tervaksin 68% (235.000 orang), sedangkan 50 ribu orang melaksanakan vaksin diluar Kabupaten Karangasem, sehingga sekitar 40 ribu orang yang belum melaksanakan vaksin, Selain itu untuk Zona dari 78 Desa, masih 13 Desa dengan kuning, sedangkan Zona merah dan orin tidak ada, kedepan diharapkan di wilayah Kabupaten Karangasem seluruhnya Zona hijau tentunya dengan kerja keras Porkopimda,” pungkasnya.

Usai menerima ucapan selamat datang dari Bupati Karangasem selanjutnya Aster Kasad juga menerima paparan dari Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa.

“Lokasi TMMD ke- 111 tahun 2021 di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Sasaran pisik/pokok yaitu Pembuatan jembatan dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 5 meter. (prosentase 25%), Pembuatan senderan jembatan dengan ukuran panjang 40 meter dan tinggi 5 meter (prosentase 28%), Pembuatan Cekdam penahan pasir dengan ukuran panjang 5 meter dan lebar 1,5 meter. (prosentase 5%), dan Sasaran Tambahan : Pembuatan Bak penampungan air dengan ukuran panjang 4 meter, lebar 2 meter dan tinggi 2 meter. (prosentase 20%), Membuka lahan pertanian seluas 1,4 Hektar. (prosentase 15%), Pembuatan penahan atau Cek Dam akan dilaksanakan setelah senderan selesai, dengan Sasaran Non pisik berupa Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan/sosialisasi pelayanan kesehatan, Penyuluhan/sosialisasi pertanian, Penyuluhan/sosialisasi pendidikan, Penyuluhan/sosialisasi hukum dan kamtibmas, Penyuluhan/sosialisasi narkoba, Penyuluhan/sosialisasi keagamaan, Penyuluhan/sosialisasi kesehatan KB, Penyuluhan/sosialisasi Lingkungan hidup dan kehutanan, Penyuluhan/sosialisasi kegiatan PKK, Penyuluhan/sosialisasi pelayanan publik dan kependudukan, Penyuluhan/sosialisasi bahaya teroris dan faham Radikalisme, Penyuluhan/sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan, Penyuluhan/sosialisasi edukasi kebencanaan, dan Penyuluhan/sosialisasi Stunting Posyandu dan Pos Bindu PTM, Untuk pengerahan personil : TNI-AD : 119 orang, TNI-AU : 2 orang, TNI-AL : 2 orang, Pemda : 16 orang, Dan dibantu masyarakat,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Aster Kasad Mayjen TNI Nurcahyanto menyampaikan.

“Kehadirannya di Kodim 1623/Karangasem merupakan yang kedua kalinya, pada tahun 2015 saat menjabat Danrem 163/WSA, TMMD ini merupakan program TNI membantu Pemerintah Daerah untuk mepercepat pembangunan sesuai aspirasi yang diadopsi oleh masyarakat, tentunya pasti sangat bermanfaat untuk masyarakat. Tahun 2021 di seluruh Indonesia ada 50 kegiatan TMMD, Terkait penyampaian Bupati Karangasem yang mengharapkan kegiatan selain TMMD yaitu kegiatan padat karya pasti akan diwujudkan, harap dikomunikasikan kembali antara Dandim dengan Bupati, Selain itu tujuan TMMD adalah untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat, sasaran fisik dan non fisik merupakan sarana yang tentunya sangat luar biasa pentingnya, mengingat dalam penyelesaian sesuatu dimasyarakat tidak dapat diselesaikan oleh 1 komponen saja, namun perlu seluruh komponen masyarakat dan instansi. Diharapkan bagi prajurit yang terlibat TMMD dapat bergaul dan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat, setelah Selesai TMMD apa yang dibangun harap dipelihara dengan baik agar bermanfaat, Terkait pandemi Covid – 19 tetap tingkatkan protokol kesehatan dan lakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga seluruh Desa di Wilayah Kabupagen Karangasem masuk Zona hijau,” ungkapnya.

Mengakhiri kegiatan kunjunganya Aster Kasad juga menyempatkan diri meninjau lokasi sasaran fisik dan nonfisik TMMD ke-111 tahun 2021 di Desa Adat Bukit Galah, Banjar Dinas Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem yang didampingi Danrem 163/WSA dan Forkopimda Kabupaten Karangasem.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments