Kamis, April 11, 2024

Edukasi Ibu Hamil, Cegah Angka Kematian Ibu dan Stunting pada Anak

Dalam rangka percepatan penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) dan pencegahan balita yang menderita stunting, digelar kampanye kesehatan Gerakan Nasional Bumil (Ibu Hamil) Sehat Tahun 2022 serentak diseluruh Indonesia bertepatan dengan peringatan hari Ibu, Kamis (22/12.

Pada hari yang sama, Dinas Kesehatan Provinsi Bali bersama Dinas Kesehatan Kota Denpasar menggelar kampanye serupa di Kota Denpasar, tepatnya dilaksanakan di UPDT Puseksmas II Denpasar Barat.

Acara yang mengambil tema “Bersama Dukung Ibu Hamil Menjadi Ibu yang paling bahagia” ini menghadirkan 56 ibu hamil yang diberikan sosialisasi mengenai kesehatan Bumil dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian makanan sehat dan pil penambah darah bagi ibu hamil serta pembacaan deklarasi dan penandatanganan deklarasi bersama.

Dalam kesempatan tersebut hadir secara langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama Kadis Kesehatan Provinsi Bali, Dr.dr. I Nyoman Gede Anom, dr. Gede Alit Wardana, Sp.OG pembicara serta undangan terkait lainnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan bahwa Pemerintah Kota Denpasar begitu memperhatikan kesehatan kaum ibu dan anak.

Berbagai program strategis terkait penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) dan pencegahan balita yang menderita stunting di Kota Denpasar telah digencarkan melibatkan seluruh komponen masyarakat mulai di tingkat lingkungan, desa dan kelurahan.

“Semua ini menjadi wujud komitmen Pemerintah Kota Denpasar dalam memastikan masyarakat terutama kaum ibu mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik dimulai saat hamil, melahirkan hingga kelak anak yang dilahirkan sehat tumbuh kembangnya dan tentunya juga kesehatan si ibu pastinya,” jelas Antari Jaya Negara.

Sementara Kadis Kesehatan Provinsi Bali, Dr.dr. I Nyoman Gede Anom mengatakan dalam rangka percepatan penurunan AKI (Angka Kematian Ibu) dan pencegahan balita yang menderita stunting, salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada ibu hamil.

“Untuk mewujudkan ibu hamil yang sehat dan berpengetahuan serta mendapatkan pelayanan kesehatan selama kehamilan sehingga melahirkan bayi yang sehat, maka perlu dioptimalkan kegiatan kampanye kesehatan Gerakan Nasional Bumil Sehat. Gerakan ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember dengan melibatkan komponen masyarakat,swasta, organisasi profesi dan organisasi masyarakat,” ujarnya.(hums/b).

Baca berita lainnya di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments