HUT ke-64, Lobar Gelar Khataman Al Qur’an

0
389
HUT ke-64, Lobar Gelar Khataman Al Qur'an
Foto : Khataman Al Qur'an dalam rangka HUT Lobar ke-64.

barbareto.com | Momentum Hari Ulang Tahun Kabupaten Lombok Barat (Lobar) ke-64 diawali dengan kegiatan Khataman Al-Qur’an.

Kegiatan Khataman Al Qur’an ini menghadirkan 30 hafiz dari pondok pesantren se-Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan religi yang mengawali rangkaain HUT Lombok Barat ini dimulai pada Sabtu, 16 April 2022 di Bencingah Agung Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan Khataman yang rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari secara non stop ini diawali dengan Shalat Isya dan Tarawih di bencingah Agung Kabupaten Lombok Barat.

Pembukaan Khataman Qur’an yang dilaksanakan pada bulan ramadhan ini dihadiri oleh Bupati Lombok Barat, Wakil Bupati, anggota forkopimda, Sekda Lobar, Para asisten, Kepala OPD, Camat, para Tuan Guru, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta masyarakat luas yang khusus hadir untuk menyaksikan lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an.

Dalam laporannya, ketua panitia pelaksanaan khataman Al Qur’an H. Baehaqi yang juga Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Barat melaporkan bahwa sesuai dengan surat keputusan bupati Nomor 128.45/582/8/2022 tentang pembentukan panitia penyelenggaraan HUT Lobar ke-64 dan Surat Edaran Bupati Nomor 603/229/HUT tentang pelaksanaan khataman Al Qur’an dalam rangka HUT Lobar ke-64, maksud dan tujuan diselenggarakannya adalah untuk menumbuhkembangkan minat baca dan memahami isi kandungan Al Qur’an kepada seluruh masyarakat di kabupaten Lombok Barat.

Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan agar terciptanya kondisi aparatur kabupaten Lombok Barat yang kolaboratif, inovatif dan produktif.

Sekda juga mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan agar semua masyarakat Lombok Barat untuk terus mengedepankan semangat persatuan dan kebersamaan dalam pembangunan.

Selain itu kegiatan ini juga diharapkan agar masyarakat Lobar memperoleh rahmat dan berkah untuk selalu bersatu dalam pembangunan.

Baca juga : Bupati Fauzan Hadiri Peresmian Lampu LED Penerangan Jalan Lombok Barat

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid
Foto : Sambutan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid.

Sementara itu Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menjelaskan bahwa Kegiatan khataman Al Qur’an ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia mengatakan bahwa tradisi khataman Al Qur’an akan tetap dilaksanakan oleh Pemda bersama masyarakat dalam berbagai kesempatan.

Hal ini karena pembacaan ayat suci Al Qur’an ini memberikan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat.

Selain itu khataman Al Qur’an ini juga memberikan semangat dan spirit yang kuat dalam pembangunan.

“Kegiatan ini menjadi tradisi bagi Lombok Barat agar kita tetap memperoleh ramah dan berkah dari Allah SWT dalam setiap langkah dan gerak kita dalam pembangunan,” ujarnya.

Bupati Fauzan juga berharap agar Khataman Al Qur’an ini menjadi semangat dan spirit baik dikalangan masyarakat khususnya generasi muda.

Dengan khataman Al Qur’an ini ia berharap agar generasi muda memiliki bekal dan modal serta kekuatan moral dan spiritual sehingga terhindar dari berbagai masalah sosial di masyarakat.

“Dengan cinta al qur’an saya yakin generasi muda akan kuat dan kokoh dalam moral sehingga dapat membentengi diri dari berbagai aktivitas negatif. Membangun generasi muda harus dimulai dengan penguatan mental dan moral,” ujarnya.

Kegiatan Khataman Al Qur’an ini akan dilaksanakan selama 2 hari dimulai, tanggal 16-17 April 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT Lobar ke-64. Kegiatan ini juga disiarakan di seluruh masjid di Kabupaten Lombok Barat.

Masyarakat juga dapat mengikuti kegiatan ini melalui siaran langsung YouTube Media Center Lombok Barat dan GMTV Lombok Barat yang disiarkan secara langsung oleh Diskominfotik dari Bencingah Agung Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan Puncak pelaksanaan HUT akan dilaksanakan pada minggu sore tanggal 17 april 2022.

Kegiatan ini akan dirangkai dengan peresmian proyek pembangunan, deklarasi komitmen menuju Lombok Barat PAM-RT (5 Pilar STBM dan penyerahan sertifikat kenaikan kelas Rumah Sakit Tripad yang naik kelas menjadi B dan RSUD Awet Muda yang naik kelas menjadi kelas C.
(Diskominfotik/Ria/Dea/Angga/Feri)