Kembangkan Minat Bakat Klien Pemasyarakatan Karangasem Melalui Wayan Jempolan di Pondok Singgah Griya Abhipraya

0
128
Kembangkan Minat Bakat Klien Pemasyarakatan Karangasem Melalui Wayan Jempolan di Pondok Singgah Griya Abhipraya
Foto: Kembangkan Minat Bakat Klien Pemasyarakatan Karangasem Melalui Wayan Jempolan di Pondok Singgah Griya Abhipraya

BARBARETO.com | Dalam semangat melayani dengan Prima, para Pembimbing Kemasyarakatan (PK) dan Asisten Pembimbing Kemasyarakatan (APK) Bapas Karangasem melaksanakan kegiatan pembimbingan kemandirian bagi Klien Pemasyarakatan melalui program Waktunya Jemput Pelayanan Jemput Bola Laporan dan Bimbingan) pada 2 (dua) lokasi yang berbeda, yaitu di Pondok Singgah Griya Abhipraya P4S Manik Mekar Nadi, Kecamatan Rendang dan Pondok Singgah Griya Abhipraya Yowana Bhakti Segara, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem pada Senin (13/06).

Kegiatan diawali dengan pengarahan umum oleh Kabapas, I Kadek Dedy Wirawan Arintama didampingi para pejabat struktural selepas apel pagi, sebelum melepas tim Wayan Jempolan ke lokasi masing-masing.

Dalam arahannya, Kabapas menekankan fungsi Pondok Singgah Griya Abhipraya dalam memaksimalkan pembimbingan Klien.

“Pastikan transfer ilmu dari Pokmas Lipas kepada Para Klien berjalan baik di Pondok Singgah Griya Abhipraya, sehingga Klien betul-betul mendapatkan manfaat bagi pengembangan keterampilannya,” tutur Kabapas, I Kadek Dedy Wirawan Arintama.

Baca juga : Rotary Club Bali Bagikan Paket Sembako Kepada Anak Didik di Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem

Bertempat di Pondok Singgah Griya Abhipraya P4S Manik Mekar Nadi, Kecamatan Rendang, fasitatitor bimbingan kemandirian bidang pertanian, Bapak Gusti Ngurah Alit menyampaikan teknik-teknik perawatan tanaman serta penanaman beberapa jenis tanaman yang saat ini sedang laku di pasaran.

“Semoga klien bisa terbangun untuk mulai menanam tanaman yg laku dipasaran sehingga dari sana mereka bisa menjadikannya sebagai usaha penopang ekonomi,” harap Gusti Alit.

Di tempat yang berbeda, Klien tampak antusias mengikuti langkah-langkah yang diperagakan oleh fasilitator Pondok Singgah Griya Abhipraya Yowana Bhakti Segara, I Ketut Sujana dalam pembuatan terumbu karang artifisial.

“Dengan keterampilan ini, saya menyisipkan harapan bahwa klien tidak saja hanya mengambil keuntungan secara ekonomi, namun juga berkontribusi bagi penyelamatan lingkungan laut yang menjadi penyangga kehidupan kita bersama,” tutur Ketut Sujana

“Mengembalikan marwah pembimbingan yang berakar pada kebutuhan klien telah dilakukan Bapas Karangasem, semoga dapat terus memberikan manfaat bagi Klien,” kata Gun Gun Gunawan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Bapas Karangsem yang terus bersemangat melakukan pembimbingan yang nyata, tidak hanya sekedar mengabiskan anggaran.

“Apa yang diberikan dengan tulus, akan diterima juga dengan hati, sehingga akan berbuah baik juga kedepannya,” tutur Anggiat. tra