Sabtu, April 13, 2024

KKNT Unram Desa Sembalun Bumbung Penyuluhan Sadar Lingkungan Berbasis Generasi

BARBARETO.com – Sembalun terkenal dengan panorama alamnya yang sangat memukau pasang mata yang memandang, namun dibalik keindahan yang tersajikan lingkungannya kian terancam dan keasriannya tercemar oleh sampah yang kian bertambah volumenya.

Sembalun terkenal dengan penghasil sayur yang sangat pantastis jumlahnya, tentu dengan hal ini akan menghasilkan sampah yang dihasilkan dari sayur yang diolah atau yang sudah di sortir, terlepas dari hal itu sampah juga dihasilkan oleh pengunjung yang berlibur ke Sembalun.

Dan semakin maraknya penginapan, dan fasilitas wisata yang dibangun, sangat berpotensi besar untuk menambah volume sampah.

Melihat ancaman yang sangat luar biasa terhadap lingkungan di Sembalun, lebih khususnya Sembalun Bumbung ini, KKNT Unram Tema Desa Wisata Sembalun Bumbung tergerak untuk melaksanakan penyuluhan Sadar Lingkungan Berbasis Generasi pada tanggal 18 Januari 2023 di SMPN 2 Sembalun yang dipandu langsung oleh Duta Lingkungan NTB.

Lara Aulia selaku Pemenang 1 Duta Lingkungan dan Nurul Umami Duta Lingkungan Influencer NTB, memberikan pemahaman terkait:

  • Pemahaman Lingkungan
  • Pembagian Sampah
  • Penerapan 3 R dalam mengurangi sampah
  • Publikasi terkait kerajinan kreatif berbahan sampah Duta Lingkungan NTB

Dengan kegiatan yang sudah terlaksana ini sangat perlu dilakukan untuk meminimalisir ancaman-ancaman yang sangat merugikan masyarakat sekitar dan lebih khususnya lagi penduduk sekitar yang kesehariannya di sawah supaya tidak terkontaminasi oleh ancaman yang sangat membahayakan beberapa tahun yang akan datang perihal sampah.

Dengan keselarasan Visi dan Misi yang dimiliki oleh SMPN 2 Sembalun diharapkan menunjang materi materi yang sudah disampaikan untuk direalisasikan.

Follow kami di Google News

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments