KPU Klungkung Bakal “Cetak” Jurnalis

KPU Klungkung Bakal “Cetak” Jurnalis

barbareto.com | KPU Klungkung sesuai rencana bakal melaksanakan kegiatan pelatihan kewartawanan (jurnalis). Rencana kegiatan tersebut tertuang dalam rapat pleno, Senin (21/3).

Kegiatan yang idenya muncul dari komisilner, I Wayan Sumerta itu mendapat sambutan positif pada rapat Minggu lalu dan rapat Senin (21/3) yang dibuka Ketua KPU Klungkung, I Gusti Lanang Mega Saskara mempertegas rencana tersebut.

KPU Klungkung bakal mengusulkan instruktur pelatihan jurnalistik kepada KPU Provinsi Bali.

“Ya untuk narasumber kita mohonkan ke provinsi biar provonsi yang ngasi narasumber/ instruktur,” ujar sekretaris KPU.

Komisioner, I Wayan Sumerta mengatakan perlunya KPU memiliki SDM yang mampu membuat berita di website dan medsos KPU bahkan di medsos JDIH, sehingga kegiatan dan agenda KPU dapat diketahui masyarakat melalui website dan medsos.

Baca juga : Mahasiswa Unmas “Tengok” KPU Klungkung

Lebih dari itu agar penyajian berita lebih berkualitas maka membutuhkan SDM yang memiliki skil menulis berita/laporan.

Sumerta berharap dengan kegiatan itu nantinya KPU Klungkung mampu melahirkan bibit-bibit penulis berita yang handal, artinya mampu menyampaikan pesan-pesan atau informasi kepada masyarakat yang bersifat informatif, edukatif dan bahkan menghibur.

Menurut Sumerta materi yang perlu diberikan adalah supra struktur dan infrastruktur (tekhnis penulisan berita).

“Jangan takut duluan, setelah mendapat pelatihan dan teorinya, ke depan langsung praktekkan, sambil kerja sambil belajar (learning by doing),” ujar Sumerta pada rapat sebelumnya dan menurutnya pelatihan agar diikuti oleh semua awak KPU baik komisioner dan jajaran sekretariat.( sum)