Sabtu, April 13, 2024

Lotim Berencana Tambah Penyertaan Modal di Bank NTB Syariah

barbareto.com | Lombok Timur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) berencana menambah penyertaan modal di Bank NTB Syariah dalam bentuk aset. Alasannya, karena Bank NTB Syariah saat ini sedang gencar mencari penambahan modal agar beralih status menjadi bank umum.

Tentunya hal tersebut harus didukung oleh pemerintah kabupaten atau kota yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Karena sebagaiamana diketahui, Bank NTB Syariah merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang diperuntukkan bagi masyarakat NTB, tak terkecuali di Lotim.

Maka dari itulah, Pemkab Lotim dalam hal ini juga ikut perpartisipasi untuk menambah penyertaan modal, sebagai penambahan nilai saham di Bank NTB Syariah.

Terlebih penyertaan modal itu dalam bentuk aset, nantinya Bank NTB Syariah bisa memanfaatkan aset tersebut untuk membuka cabang baru, yang bertujuan mendekatkan masyarakat dengan layanan perbankkan.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Lotim H. M. Juaini Taofik, ketika ditemui seusai melakukan rapat Paripurna di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lotim. Ia menjelaskan, sampai dengan saat ini proses menambahan penyertaan modal itu sedang berjalan.

“Penambahan penyertaan modal di Bank NTB Syariah itu sedang on proses, tidak mungkin pemerintah daerah sekonyong-konyong langsung berhubungan dengan Bank NTB, tanpa persetujuan dari DPRD. Inget itu, wajib persetujuan DPRD,” kata Sekda. (14/9/21)

Hingga saat ini, pihaknya sedang melakukan pemilihan aset untuk menambah penyertaan modal tersebut. Setelah itu, barulah kemudian akan diapprasial sekiranya aset itu dianggap cocok.

“Setelah lengkap berapa nilai asetnya barulah kemudian diajukan ke DPRD, jadi tidak boleh ada transaksi di daerah itu, artinya berkaitan dengan aset atau jual beli aset itu harus ada persetujuan dari DPR,” tegas pria yang karib disapa Kak Ofik itu. (gok)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments