Sabtu, April 13, 2024

Peduli Ekonomi, CCEP Indonesia Dukung Pengembangan Komunitas UMKM

BARBARETO.com | Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sejumlah daerah untuk memperkuat perekonomian masyarakat.

Dukungan itu diwujudkan dalam kegiatan edukasi, pelatihan kewirausahaan, serta pendampingan bisnis dan peningkatan kapasitas produksi pada UMKM di bidang retail, food service, dan produsen makanan-minuman.

Partini (51 tahun), UMKM produsen gula kacang di Salatiga, Jawa Tengah mengamini manfaat yang besar dari program tersebut. Pemasaran camilan tradisional yang diproduksinya kini bisa merambah hingga luar Jawa.

“Dahulu kami hanya memasarkan di Salatiga dan Semarang,” katanya, Selasa 31 Mei 2022.

Bekerja sama dengan Serabut Nusa, satu komunitas pengembangan bisnis yang dikelola kaum muda Semarang, perluasan pemasaran berlangsung melalui platform digital. Tak hanya pemasarannya, pengenal produk pada konsumen pun menjadi lebih luas.

“Promosi produknya bisa dilakukan melalui berbagai aplikasi media sosial,” katanya.

Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia Armytanti Hanum Kasmito mengatakan program pengembangan UMKM tersebut ditujukan untuk mengubah keterbatasan menjadi peluang bisnis. Di masa awal pandemi, aktivitas tatap muka dan kegiatan masyarakat terbatas.

“Dari sana, kami kemudian mendorong UMKM bisa memanfaatkan platform digital sebagai sarana memperluas pasar,” katanya.

Sejalan dengan yang dilakukan di Salatiga, CCEP Indonesia juga melakukan pendampingan terhadap UMKM di Bali dan Jawa Timur. Di Denpasar misalnya, ada 31 UMKM bidang kuliner yang terlibat dalam program Medagang Kreatip. Kegiatan yang terselenggara dari kolaborasi antara CCEP Indonesia dan Yayasan BEDO itu untuk mendampingi UMKM dalam menghitung HPP, melakukan pengemasan produk, pemasaran digital, dan memberikan jaminan keamanan produk.

Para pelaku UMKM juga didorong untuk lebih percaya diri menghadapi persaingan di bisnis kuliner melalui program diskusi dengan “Ratu Boga Indonesia” Sisca Soewitomo.

“CCEP Indonesia selalu berkomitmen memberikan kontribusi pada pemulihan ekonomi nasional”.

Baca juga : Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Berbagi dengan Masyarakat Sekitar Area Operasional

Tentang Coca-Cola Europacific Partners

Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) adalah salah satu perusahaan FMCG (barang konsumsi) terdepan di dunia. Disini, kami memproduksi, medistribusi dan menjual berbagai merek yang disukai di dunia, melayani lebih dari 600 juta konsumen dan mendukung 1,75 juta pelanggan di 29 negara.

Kami bergerak sebagai bisnis multinasional yang kuat dengan skala wilayah yang luas yang didukung oleh tim yang hebat serta pengetahuan dan layanan terhadap pelanggan dan komunitas yang kuat.

Coca-Cola Europacific Partners Indonesia mengoperasikan delapan fasilitas manufaktur di Sumatera, Jawa dan Bali, mempekerjakan lebih dari 8.000 tenaga kerja, dan mendistribusikan jutaan minuman menyegarkan untuk lebih dari 500.000 outlet di seluruh Indonesia.

Kami juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif di setiap wilayah operasional dengan menjalankan berbagai inisiatif, seperti: Bali Beach Clean Up, Green School (Sekolah Adiwiyata), Coca-Cola Forest, serta pengembangan program bank sampah di beberapa kota.(rls)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments